Tips Cara Penulisan Tanggal Kadaluarsan Kemasan Makanan

penulisan tanggal kadaluarsa yang benar, cara penulisan tanggal kadaluarsa, tanggal kadaluarsa makanan, tanggal kadaluarsa adalah, tanggal kadaluarsa cek, tanggal kadaluarsa di indonesia, tanggal kadaluarsa in english,

Titipku– Mengenai tanggal kadaluarsa, mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih bingung. Bagaimana cara menentukan maupun melihat tanggal kadaluarsa sebuah produk.

penulisan tanggal kadaluarsa yang benar, cara penulisan tanggal kadaluarsa, tanggal kadaluarsa makanan, tanggal kadaluarsa adalah, tanggal kadaluarsa cek, tanggal kadaluarsa di indonesia, tanggal kadaluarsa in english,
Ilustrasi via hellosehat.com

Nah di sini kita akan membahas cara menentukan tanggal kadaluarsa dilansir melalui Tribunnews.com:

  1. Sell by Date

Tanggal Sell-By merupakan tanggal yang digunakan oleh para toko agar mereka tidak lagi menjual makanan tersebut jika sudah melewati tanggal ini. Tanggal ini memperbolehkan para karyawan toko untuk mengetahui berapa lama sebuah produk dapat dipajang.Meskipun produk yang melewati tanggal sell-by ini masih dapat dimakan, kamu dianjurkan untuk tidak membeli produk tersebut jika sudah melewati tanggalnya ini.

  1. Best if Used Before

Tanggal ini digunakan oleh produsen untuk memberitahukan sampai kapan produk terkait masih berada dalam titik kesegarannya. Produk tersebut masih tetap dapat dimakan walaupun sudah melewati tanggal ini, tapi kesegaran dan kualitas makanan akan telah berkurang. Beli dan gunakan produk tersebut sebelum tanggal tertera untuk kesegaran dan kualitas terbaik.

  1. Used by Date

Mirip seperti Best if Used Before Date, tanggal Use-By ini digunakan untuk menunjukkan kapan sebuah produk akan mulai mengalami penurunan kualitas dan rasa. kamu dianjurkan untuk membeli dan menggunakan produk sebelum tanggal yang tertera untuk kualitas terbaik. Tapi, mekonsumsi produk beberapa hari setelah tanggal tertera tidak akan menyakiti. 

  1. Closed or Coded Dates (Kode Tanggal)

Ini adalah kode kemasan atau pengepakan yang menunjukkan kapan produk terkait dikirimkan. Kode ini biasanya berisikan urutan angka dan huruf yang menunjukkan tanggal dan waktu kontainer diisi dan tempat produksi. (Terlihat seperti 045B97 April 11, 2008). Hal ini harus dibedakan dengan tanggal kadaluarsa, ini hanya tanggal pengiriman dan tidak terkait dengan kualitas makanan.

  1. Shelf Life (Masa Tahan)

Jika kamu mendengar tanggal Shelf Life, kamu tidak perlu bingung. Hal ini mengacu ke tanggal-tanggal kadaluarsa lainnya, baik itu use-by date, sell-by date, best used before date. Shelf Life hanya sebuah istilah untuk mengacu ke jenis-jenis tanggal kadaluarsa tersebut.

Jadi pada dasarnya tanggal kadaluarsa ini memang tidak pernah menunjukkan keamanan dari apakah makanan tersebut masih boleh dimakan atau tidak, tapi menunjukkan bahwa kualitas makanan akan memburuk jika tanggal tersebut telah dilewati dan baiknya memang produk atau makanan tersebut tidak dimakan atau digunakan lagi.

Sebagai produsen makanan, pedagang, maupun pelaku usaha, kamu bisa kok membeli kemasan food grade atau kemasan yang aman untuk produkmu di Titipku

Aplikasi pendukung UMKM Indonesia yang juga konsen terhadap kebaikan pada produk yang dijual di masyarakat, menyediakan kemasan aman.

Kamu bisa beli kemasan food grade Titipku di sini.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Tips Cara Penulisan Tanggal Kadaluarsan Kemasan Makanan”

Tinggalkan Balasan