Tips Ini Bisa Hindarkan Kamu dari Penyakit Musim Hujan

Di beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami fase hujan lebat. Kondisi ini bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Jika tidak berhati-hati, penyakit bisa mudah menyerang. Apalagi pandemi COVID-19 juga masih berlangsung. Berdasarkan Kompas.com ikuti tips-tips menjaga kesehatan di musim hujan berikut ini:

  1. Jaga kebersihan

    Menjaga kebersihan tubuh bisa dilakukan dengan mencuci tangan dan mandi setelah berpergian. Menjaga kesehatan berguna untuk membersihkan tubuh dari paparan bakteri dan virus yang menempel di tubuh ketika kita terkena hujan.

  2. Perkuat imunitas

    Cara terbaik untuk meningkatkan imonitas adalah dengan cara mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung vitamin, serat, dan mineral. Sebagai contoh, mengonsumsi teh hijau dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  3. Siapkan Pakaian Cadangan

    Siapkan pakaian cadangan di tas saat berpergian. Hal ini berguna jika pakaianmu basah karena hujan. Kamu bisa mengganti dengan pakaian cadangan agar terhindar dari flu.

  4. Bersihkan lingkungan rumah

    Perhatikan kebersihan di rumah dan lingkungan sekitar rumah. Air yang tergenang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Dengan menjaga kebersihan di sekitar rumah, kamu bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan bakteri atau nyamuk.

  5. Kurangi jajan sembarangan

    Sebaiknya batasi dulu keinginan untuk jajan jika kita tidak yakin dengan kebersihan tempat dan bahan-bahan yang digunakan.

  6. Tidur cukup

    Kurang tidur tidak hanya akan membuatmu sulit konsentrasi, tetapi juga lemas. Ini juga akan membuat daya tahan tubuh menurun. Dan jika ini terjadi di musim hujan, kondisi tubuhmu bisa terancam.

  7. Lakukan olahraga

    Olahraga ringan setiap hari dapat menjaga kebugaran tubuh dan mengurangi stres. Hal ini terjadi karena aktivitas fisik dapat memperlancar distribusi oksigen dalam darah.

 

Itulah tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa kamu lakukan. Alangkah lebih baik jika kamu juga mengurangi kegiatan di luar rumah agar risiko terpapar penyakit bisa lebih kecil. Soal kebutuhan perlengkapan kebersihan diri dan rumah, kamu bisa belanja #DariRumah aja pakai Titipku.

Titipku merupakan aplikasi belanja online yang bisa membantumu dalam memenuhi kebutuhan harian. Di aplikasi ini, ada banyak toko di sekitarmu yang menyediakan alat kebersihan. Toko-toko ini bisa dibeli produknya secara online. Nanti akan ada kurir Titipku yang bernama Jatiper yang akan membelikan dan mengantarkan pesananmu. Praktis kan. Yuk unduh aplikasi Titipku sekarang dan mulai belanja online.

Tinggalkan Balasan