Anti Gosong! Tips Membuat Sirup Gula yang Benar

Apakah ada di antara kamu yang menganggap sirup gula itu mudah dibuat? Cobalah buat sendiri dan kamu akan merasakan sulitnya menjaga gula agar tidak gosong. Gula yang gosong ini justru tidak menghasilkan karamel yang manis, tapi rasa pahit yang muncul.

Pada dasarnya, metode membuat sirup gula atau karamel cair ada dua, yakni wet caramelization dan dry caramelization. Metode pertama biasanya digunakan untuk topping pancake. Melansir dari fimela.com, yuk simak bahan dan langkah-langkah untuk membuat sirup gula dengan metode wet caramelization.

Bahan
  • 1 kg Gula Pasir
  • 500 ml Air
  • Lemon
Cara Pembuatan

    • Masukkan gula dan air ke dalam panci. Ukuran gula dan air fleksibel asal menggunakan perbandingan 2:1.
    • Panaskan dengan api sedang. Sembari dimasak, aduk menggunakan sendok kayu dengan gerakan konsisten.
    • Gula akan mencair pada 160 derajat Celcius. Pada suhu ini, sirup gula akan terbentuk dengan warna putih bening.
    • Setelah sirup gula mencair, masukkan satu sendok teh air lemon ke dalamnya. Air lemon berfungsi untuk mencegah gula mengkristal.
    • Panaskan sirup gula hingga mengental dengan api kecil. Durasi yang diperlukan sekira 5 hingga 8 menit.
    • Perhatikan warna sirup gula. Jika mulai terlihat kecokelatan, matikan kompor dan segera tuang ke wadah.

*****

Yang terpenting dari proses membuat sirup gula adalah ketelitian dan konsistensi dalam mengaduk gula. Intinya, jangan sekalipun meninggalkan dapur ketika membuat sirup ini, karena sangat rentan gosong. Jika kamu belum yakin dengan warna tingkat karamelisasi, kamu bisa melihat video langkah membuat sirup ini di Youtube. Dari video-video yang ada di sana, kamu jadi bisa tahu kapan harus mematikan kompor sebelum gula gosong.

Bagi kamu yang mau mencoba namun kehabisan gula, bisa loh beli di Titipku. Di aplikasi ini ada banyak pedagang terdekat dari rumahmu yang menjual gula. Jika kamu tinggal di Kelapa Gading, kamu juga bisa belanja gula di Diamond Supermarket. Lagi ada diskon gula nih sampai 6 Maret 2021. Info lebih lanjut bisa kamu lihat di Instagram @titipkuofficial ya.

Ayo download Titipku dan belanja gula bersama Titipku.

Link Toko Diskon : https://titipku.page.link/DUxA
Periode Promo       : 4 – 6 Maret 2021

Tinggalkan Balasan