Tips Memilih Beras Berkualitas

tips memilih beras berkualitas

Titipku.com – Pernah kita dengar mengenai peredaran beras palsu. Bikin miris dan membuat ibu-ibu rumah tangga perlu meningkatkan kewaspadaan. Tidak hanya waspada, namun sebagai ibu bijak atau kamu yang anak kost pun harus teliti sebelum membeli beras. Kualitas beras akan berpengaruh pada rasa dari nasi yang akan dikonsumsi bersama keluarga. Nah simak tips memilih beras.

tips memilih beras berkualitas
Instagram via @gunawanannaonly
  • Perhatikan Bentuk Beras

Beras yang berkualitas baik adalah beras yang tidak bau, bebas dari kerikil, bersih dan tidak ada kutu atau kotoran. Hindari juga memilih beras yang terlalu putih karena dikhawatirkan beras mengandung pemutih berbahaya.

  • Hati-hati dengan Beras yang Murah

Bukan berarti beras mahal bisa menjamin kuaitas beras baik. Sebaiknya kita perlu waspada manakala ditawari dengan harga beras yang jauh di bawah harga pasar. Khawatirnya beras murah ini mempunyai kualitas yang kurang baik dan dicampur dengan bajan tak berkualitas.

  • Perhatikan Tekstur Beras

Sebelum membeli beras pastikan kondisi beras baik, tidak patah dan mudah hancur saat ditekan. Selain itu ciri beras yang baik adalah beras bisa menempel di tangan saat diremas. Jika tidak, artinya beras mengandung pelicin dan berbahaya bagi kesehatan

  • Cium Aromanya

Beras yang berkualitas baik tidak beraroma apek. jika beras bau apek maka artinya sudah disimpan dalam waktu lama. Selain itu, hindari beras yang beraroma terlalu harum, bisa jadi berasal dari pewarna beras.

Nah demikian tadi tips dalam memilih beras dengan kualitas yang baik. Pilih yang terbaik ya!

sumber: www.vemale.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan