Tips Menyimpan Beras Agar Tidak Berkutu!

tips menyimpan beras agar tidak berkutu, tips menyimpan beras agar tidak ada kutu, tips menyimpan beras agar awet, cara menyimpan beras, cara menyimpan beras yang baik, cara meenyimpan beras di gudang, cara menyimpan beras agar tidak berulat, cara menyimpan beras agar tdk kutuan, cara menyimpan beras agar awet dan tidak berkutu, cara menyimpan beras agar tidak mudah berkutu, ccara menyimpan bers agar tidak rusak, cara menyimpan beras dari kutu, cara menyimpan beras aman dari kutu, tips menyimpan beras agar tahan lama cara menyimpan beras yang aman, cra menyimpan beras tanpa kutu,

Titipku.com – Sebagai orang Indonesia secara umum, makanan pokok kita sehari-hari itu nasi. Benar? Karena nasi merupakan makanan pokok, maka tidak sedikit dari kita membeli beras dalam jumah banyak dan menyimpannya untuk waktu yang lama setidaknya selama 1 bulan ke depan. Untuk yang punya sawah dan panen sendiri padinya, maka tidak jarang juga mereka akan menyimpan beras dalam jumlah banyak.

Biasanya mereka yang memiliki padi sendiri di rumah dan menggiling padii, dalam sekali giling mereka akan menggiling padi sebanyak satu karung. Untuk satu karung ini, beras yang dihasilkan bisa lebih dari 30 kg lho. Banyak aja apa banyak banget?

Untuk beras yang sangat banyak dan disimpan lama, biasanya akan menyebabkan adanya kutu di dalam beras. Tidak hanya membuat adanya kutu di dalam beras. Tidak sekedar bikin geli namun kutu juga membuat beras menjadi bau apek, kurang menarik, dan tidak seenak sebelumnya. Nasinya juga tidak seputih sebelumnya. Kalau sudah begini, tentu tak ada seorang yang ingin punya beras di rumah dengan berkutu bukan?

tips menyimpan beras agar tidak berkutu, tips menyimpan beras agar tidak ada kutu, tips menyimpan beras agar awet, cara menyimpan beras, cara menyimpan beras yang baik, cara meenyimpan beras di gudang, cara menyimpan beras agar tidak berulat, cara menyimpan beras agar tdk kutuan, cara menyimpan beras agar awet dan tidak berkutu, cara menyimpan beras agar tidak mudah berkutu, ccara menyimpan bers agar tidak rusak, cara menyimpan beras dari kutu, cara menyimpan beras aman dari kutu, tips menyimpan beras agar tahan lama cara menyimpan beras yang aman, cra menyimpan beras tanpa kutu,

Tenang, untuk mengusir atau mencegah munculnya kutu dalam beras kamu bisa melalukan tips menyimpan beras agar tidak berkutu berikut ini! Pertama adalah memanfaatkan bahan alami. Bahan alami tersebut mulai dari bawang putih, daun jeruk purut, bawang merah, cabai kering, atau juga jeruk nipis.

Caranya adalah kita cukup meletakkan bahan-bahan alami di dalam tempat beras bersama beras. Bisa juga menempatkan bahan alami tersebut di atas permukaan beras atau bisa juga mengubur di dalam beras yang disimpan. Dengan menempatkan bahan alami ini, maka dikatakan bahwa kutu beras tidak akan datang atau rusak kualitas beras yang akan disimpan.

Lanjut, selain memanfaatkan bahan alami di atas, hal ini juga perlu diperhatikan agar beras tidak berkutu dan usahakan untuk simpan beras dalam wadah yang tertutup. Disarankan juga agar beras yang disimpan tidak terlalu banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan paling tidak satu bulan lalu mengganti dengan beras baru. Disarankan untuk menjemur beras di bawah sinar matahari yang terik sebelum disimpan di wadah penyimpanan. Juga disarankan untuk memilih beras yang berkualitas baik alias belum ada kutunya sebelum menyimpan!

Nah gimana? Sudah semakin tahu bagaimana cara atau tips menyimpan beras agar tidak berkutu kan! Jika kamu ada tips lain agar beras tak berkutu meski di simpan lama, boleh lho share di kolom komentar yah! Semoga bermanfaat. 🙂

Beli Beras Murah Dari Pedagang Pasar Yuk!

Buat kamu yang ingin membeli beras murah dari pedagang pasar, jangan lupa pesan melalui Titipku! 🙂

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan