Tips Supaya Lebih Hemat, Lebih Kece, Tanpa Harus Jadi Kere

Langkah Kecil Untuk Terus Melangkah

Saat kamu mau menyusun kompensasi dan alokasi dana, kamu mungkin akan mengalami kebingungan mana yang harus lebih dahulu dipilih, mana yang harus dikorbankan. Pemilihan indekos sering pula menjadimasalah klasik bagi anak rantau. Kalau tinggal di indekos yang berada di pusat kota, harganya mahal. Tapi jika agak jauh juga harus siapkan waktu dua jam di jalan plus biaya transportasi. Maka, hanya kamu yang tahu apa yang bisa kamu korbankan dan apa yang harus dipertahankan.

Pilih salah satu, compensate on others. Kalau kamu memilih indekos yang mahal tapi dekat mungkin kamu bisa punya lebih banyak waktu untuk istirahat atau bahkan sempat mengerjakan freelance project kamu. Hanya kamu juga yang bisa mengkalkulasi. Hitung dengan cermat ya.

Nah berikut ini, tips supaya lebih hemat, lebih kece, tanpa harus kere.

FASHION

Related image

Cobalah thrift shopping atau closet swapping dengan sahabat kamu. Banyak lho hidden treasure di pasar secondhand, misal Pasar Senen Jakarta dan Pasar Gedebage Bandung. Kamu bisa temukan dress dengan harga 20ribu atau jaket kulit dengan harga 100ribu. Atau jika kamu khawatir kebersihannya, kamu bisa saja barter dengan temanmu. Kali saja kamu bisa mendapatkan barang keinginanmu dari sahabatmu sendiri yang tak terpakai. Siapa tahu?

TRANSPORTASI

Daripada kamu habiskan berjam-jam di mobil sendirian, kamu bisa coba naik kendaraan umum sesekali. Kamu bisa menikmati fasilitas Transjakarta, Transjogja, atau Transsemarang sesuai daerah tempat tinggalmu. Kalau ingin terhindar macet, kamu bisa berkendara dengan ojek, meski berdebu tapi kamu bisa terhindar dari macet dan lebih cepat sampai ke tujuan.

SOCIAL LIFE

Kalau kamu punya hobi arisan atau nongkrong di tempat fancy, kamu juga bisa tetap piknik atau kumpul bareng mereka dengan mengadakan pesta potluck. Yaitu membawa masakan khas masing-masing dan icip-icip berbagi makanan yang ada

SELF DEVELOPMENT

Jangan lupa selalu sisihkan dana untuk self development alias pengembangan diri.  Sisihkan uangmu tidak hanya untuk makanan atau barang saja. tapi sisihkan juga untuk perluas karier. Sisihkan uang kopimu untuk ke kafe dan networking time dengan orang lain. Siapa tahu, ia akan menjadi partner bisnismu kelak. Mau kursus bahasa? Kamu bisa juga belajar lewat Youtube atau aplikasi Duolingo. Tidak harus mahal-mahal. Mau fitness kamu juga bisa pakai aplikasi trace aktivitas setiap hari. Tidak ada uang bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa, bukan? Termasuk belanja, kamu juga bisa hemat belanja dengan beli barang UKM di Aplikasi Titipku.

OTHERS

Tips supaya lebih hemat berikutnya adalah lakukan DIY Project! Banyak barang yang bisa kamu buat sendiri. Ingat, jangan sampai DIY kamu lebih mahal daripada barang yang kamu beli!

Sebenarnya kamu masih bisa melakukan tips lainnya. Namun jika 5 tips ini bisa dikerjakan secara maksimal maka kamu sudah bisa menyisihkan uangmu dengan maksimal. Kamu sudah belajar untuk lebih kenal pengeluaranmu dna apa yang bisa dikompensasikan. Maka selanjutkan kamu harus bisa menerapkan prinsip tips supaya lebih hemat ini dalam hidup kamu!

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan