Top 7 Wisata Kuliner Semarang Super Endess! Kamu Wajib Coba

Titipku.com – Selain Jogja, Semarang juga dikenal sebagai salah satu pusat kuliner Indonesia lho. pada tahun 2015, Semarang juga pernah ditetapkan sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan oleh Kementerian Pariwisata.

Ragam makanan khas dengan cita rasanya yang sudah tidak diragukan lagi mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Mungkin salah satunya kamu? Iya kamu. 🙂 Nah yang namanya kuliner pasti tidak menjadi suatu aktivitas yang ditinggalkan saat liburan di Semarang.

Nah ada apa saja sih wisata kuliner Semarang yang menjadi idola para pengunjung yang singgah? Cekidot!

Kampung Laut

Kampung Laut juga menjadi pilihan tempat kulliner menarik di Semarang, terutama bagi pecinta makanan laut. Berbagai jenis hidangan laut yang segar nan lezat tidak pernah menjadikan pengunjung lupa untuk mampir ke Kampung Laut ini. porsi makanan di restoran ini juga besar. sehingga cocok untuk dimakan bersama keluarga atau teman-teman.

Lokasi: Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang.

Restoran Pesta Keboen

Hidangan tradisional yang legendaris tidak harus kamu cari di pinggir jalan atau pasar. Nah di Semarang ini kamu bisa mampir ke Restoran Pesta Keboen dengan aneka menu khas Indonesia dan Belanda. Misalnya nasi pecel, gudeg, lumpia, sup kacang merah, nasi uduk Betawi, leker, macaroni schotel, dan lainnya. Istimewanya setiap pengunjung akan mendapatkan jamu beras kencur dan keripik singkong atau kerupuk.

Lokasi: Jalan Veteran 29, Semarang

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Pecinta daging kambing mana suaranyaaa? Eits tidak perlu khawatir untuk kamu yang suka kuliner satu ini dan mencarinya di Semarang. Kamu bisa santap gulai kambing nan lezat ini di warung tenda Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Gulai Kambing ini super legend lho karena sudah berdiri sejak tahun 1969.

Lokasi: Kawasan Kota Lama, Belakang Cagar Budaya Gereja Blenduk

Mie Siang Kie

Kamu suka banget sama Mie? Sama! Nah di Semarang ini kamu juga bisa merasakan sensasi mie yang sudah terkenal sejak zaman Belanda dulu lho! di kedai mie ini kamu akan menemukan sajan mie disertai dengan daging babi olah. Bagi yang bisa makan daging babi saja hehehe. Meski lokasinya di kedai sederhana, Siang Kie ramai dikunjungi warga lokal atau wisatawan terutama saat jam makan siang atau makan malam.

Selain itu, yang menjadi favorit adalah mie pangsit godhok (rebus). Satu porsi mie pangsit godhok ini lengkap dengan isian potongan ayam, telur dadar suwir, kekiaan (sejenis dim sum), dan pangsit rebus dengan semangkuk kuah kaldu! Makanya cobain aja.

Lokasi: Gang Lombok

Bakmi Jawa Pak Ateng

Masih di dunia permie-an nih. Buat kamu yang ingin menikmati makan selain nasi, cobalah datang ke Bakmi Jawa Pak Ateng. Salah satu kedi bakmi Jawa legendaris di Semarang. Biacara soal keramaiannya, jangan ditanya. Kamu memang harus siap antri! Tapi bersiap terbayar lunas dari sajian bakmi jawa yang penuh citarasa lain dari pada yang lain!

Lokasi: Jalan Ki Mangunsarkoro, Karangkidul, Semarang

Kampung Semawis

Dari siang hingga malam, namanya kuliner Semarang itu memang tiada habisnya. selalu ada yang harus kamu coba. Seperti kuliner di Kampung Semawis ini. aneka jajanan pasar atau makanan tradisional berbaris dari hari Jumat hingga Minggu dari pukul 18.00. Tentu, kamu juga akan menemukan makanan dan minuman dengan harga super murah!

Lokasi: Jalan Semawis, Kawasan Pecinan

Nasi Gandul Pak Memed

Sajian kuliner unik juga bisa kamu nikmati di Nasi Gandul Pak Memed. Satu porsi nasi gandul ini terdiri dari nasi yang disiram kuah kecokelatan lalu ditambah daging, jeroan sapi serta telur ayam. Nah ciri khasnya adlaah cara penyajian yag menggunakan daun pisang. Serta cara makannya menggunakan suru (sendok dari daun pisang). Racikan bumbu kuah kaldu dan lauknya yang begitu lezat tidak akan berubah meski Pak Memed telah berjualan nasi gandul selama puluhan tahun.

Lokasi: Jalan Dr.Cipto 12A, Semarang

Wedang Tahu Pak Ahmad

Kalau kamu ingin cari kuliner hangat di malam hari, kamu bisa datangi wedang khas Semarang! Namanya wedang tahu. Wedang tahu ini adalah racikan dari jahe, gula jawa, dan isi kembang tahu dari sari kedelai. Satu porsinya cukup Rp. 5.000 saja.

Lokasi: Jalan Bukit Raya Samping Nasmoco Gombel, Semarang.

nah demikian tadi wisata kuliner Semarang yang bisa menjadi referensim ketika jalan-jalan di Semarang! Eh download Aplikasi Titipku yuk! Ada apa di Titipku? Download dulu aja, Sekarang!

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan