Vegetarian dan Vegan, Apa Sih Bedanya?

Belakangan ini, istilah vegetarian dan vegan makin sering dijumpai. Kita lebih mengenal dua istilah tersebut dengan asosiasi “orang-orang yang tidak memakan daging”. Sebenarnya, asosiasi itu hanyalah permukaannya saja. Vegetarian dan vegan merupakan sebuah gaya hidup. Meskipun terlihat mirip, keduanya memiliki perbedaan yang mungkin belum kamu ketahui. 

Vegetarian

Vegetarian adalah salah satu jenis diet yang menghindari atau tidak mengonsumsi daging, unggas, binatang buruan, ikan, kerang, maupun produk olahan dari hewan yang disembelih. Jadi, seorang bisa disebut sebagai vegetarian jika tidak mengosumsi kelompok makanan-makanan tersebut. 

Lantas, kalau tidak mengonsumsi daging dan olahan produk daging, apa yang dikonsumsi? Pola makan vegetarian mengandung berbagai macam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Memasukkan susu dan telur ke dalam menu diet bergantung pada jenis vegetarian yang diikuti. 

Ada beberapa jenis vegetarian, antara lain:

  • Lacto-ovo vegetarian: seorang vegetarian yang menghindari semua jenis daging hewan, tetapi tetap mengonsumsi susu dan telur.
  • Lacto vegetarian: vegetarian yang menghindari semua jenis daging hewan dan telur, tetapi mengonsumsi susu
  • Ovo vegetarian: vegetarian yang menghindari semua produk hewani kecuali telur.
  • Vegan: vegetarian yang menghindari semua jenis daging termasuk produk hewani. 
Vegan

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya, vegan adalah salah satu jenis diet vegetarian yang paling ketat. Disebut paling ketat karena tidak hanya menghindari mengonsumsi daging hewan atau produk olahan hewani, tetapi juga tidak menggunakan barang-barang yang diproduksi dengan cara mengeksploitasi hewan. Jadi, vegan tidak hanya terbatas pada pola makan saja tetapi juga mencakup gaya hidup. 

Vegan menolak kekerasan dan eksploitasi pada hewan. Vegan meyakini bahwa hewan juga memiliki hak untuk hidup, sehingga harus bebas dari kekerasan. Karena alasan ini lah vegan menolak membeli baju yang terbuat dari sutra, wol, atau kulit; menolak menggunakan produk kosmetik yang menggunakan hewan sebagai subjek penelitian bahan; dan juga menolak sirkus, rodeo, balapan kuda, atau segalam macam bentuk penggunaan hewan untuk hiburan. 

Wah ternyata perbedaan vegetarian dan vegan sangat tipis ya. Jadi, kamu sekarang tidak perlu bingung lagi dengan istilah vegatarian dan vegan dong?

 

Nah, untuk belanja sayur dan buah yang sesuai dengan menu vegetarianmu, belanja bersama Titipku aja! Sayur dan buahnya dijamin masih segar, siap diantarkan untukmu para Nitipers. Yuk segera unduh dan berbelanja bersama Titipku. Ada kode promo juga loh yang bisa buat belanjaanmu lebih hemat.

Tinggalkan Balasan