5 Tips Kurma Tahan Lama dan Tetap Segar!

Titipku – Kurma adalah salah satu buah yang paling dicari saat bulan Ramadhan. Buah ini, sering dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa. Tepatnya untuk “membatalkan” puasa, sebelum menyantap hidangan utama buka puasa. Tak sedikit pula yang mengonsumsinya saat sahur agar mendapatkan asupan nutrisi lebih dari buah mungil nan manis ini.

Tentu ada cara khusus supaya kurma bisa awet dan tetap fresh untuk dikonsumsi. Walaupun kurma sendiri sudah dikenal sebagai buah yang tahan lama hingga satu tahun. Trik ini akan optimal jika dimulai dari ketika membeli kurmanya, lho. 

Baca juga manfaat kurma disini.

Tips Kurma Tahan Lama dan Tetap Segar:

1. Pilih Kurma yang Bertekstur Kenyal

Kurma yang bertekstur kenyal menandakan bahwa kurma tersebut masih segar. Tidak masalah jika kulitnya sudah berkerut, tapi tekstur dagingnya masih kenyal dan empuk. Kurma yang berkualitas baik, kulitnya nampak sedikit mengkilap dan buahnya terlihat padat. 

2. Aroma

Untuk melihat kualitas kurma, juga bisa diperiksa aromanya. Jika memberi kurma secara kilo-an maupun yang sudah dikemas, cara yang satu ini bisa mudah dilakukan. Kurma yang sudah agak lama dan kualitasnya tidak begitu bagus, maka akan beraroma asam yang cukup tajam.

3. Bercak Putih

Yang satu ini bisa disebut juga dengan kristal gula, karena bercak putih tersebut merupakan kandungan gula di dalam kurma yang mengkristal. Mengingat kurma termasuk buah yang dikeringkan. Kandungan gula dalam kurma juga sangat tinggi.

Jika permukaan kurma terdapat bercak putih seperti kristal gula, maka bisa “diterawang” apakah kurma masih segar atau sudah lama. 

Bercak putih yang terlihat sedikit di permukaan kurma, maka kurma masih belum terlalu lama. Kurma dengan keadaan ini masih berkualitas baik. Asalkan bercak-bercak putih tidak berubah seperti Kristal dan jumlahnya banyak. 

4. Simpan di wadah kedap udara

Ini adalah cara terbaik untuk menyimpan kurma. Penyimpanan yang baik akan membuat kurma bertahan sampai tiga bulan dalam suhu ruangan dan satu tahun jika dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

Jika dikonsumsi selama bulan puasa, disarankan untuk menyimpannya di wadah yang kedap udara dengan suhu ruang saja. Cara ini akan membuat tekstur dan rasa buah kurma tetap terjaga.

5. Simpan di dalam freezer

Cara ini dilakukan supaya kurma lebih awet lagi. Apalagi bagi yang ingin menjadikannya stok dalam waktu lebih lama. Sebelumnya, taruh kurma pada wadah tertutu supaya tidak terkontaminasi bau makanan yang lain di dalam freezer

Meski beku, nantinya tekstur dan rasanya tidak akan berubah. Maka dari itu, bila ingin mengonsumsi kurma yang telah dibekukan, rendamlah kurma di dalam semangkuk air hangat untuk membuatnya empuk kembali. Kamu juga bisa mendiamkannya sampai mencapai suhu ruang, tapi tentu membutuhkan waktu lebih lama daripada merendamnya dalam air hangat.

Buah kurma wajib dibeli bagi sebagian besar masyarakat, meski saat ini sedang dalam keadaan darurat COVID-19 sehingga harus #DirumahAja. Termasuk Kamu mungkin salah satunya sebagai pecinta kurma. Semoga trik ini bisa membantu dan bisa dipraktekkan.

#dirumahaja

Untungnya teknologi sudah merambah ke sektor jual beli, sehingga pembeli tak melulu harus datang langsung ke penjual. Kamu yang #DiRumahAja, juga masih tetap bisa stok kurma dengan belanja online melalui Aplikasi Titipku. Titipku sebagai digitalisasi UMKM Indonesia pun siap memudahkanmu berbelanja buah kurma. Juga kebutuhan-kebutuhan lain yang kamu perlukan untuk membuat menu sahur dan buka puasa.

Cek dulu beberapa UMKM penjual kurma dibawah ini:

  1. Lapak Buah Mbak Puji https://titipku.page.link/MXPT
  2. Waroeng Kak Nina https://titipku.page.link/27uC
  3. Kios Buah Sri Handayani https://titipku.page.link/CFWc 
  4. Lapak Buah Mas Riski https://titipku.page.link/gJDA
  5. Toko Kurma Doa Ibu https://titipku.page.link/Qo3H
  6. Lapak Buah Ibu Dewi https://titipku.page.link/NLh9
  7. Kurma Pak Hasan https://titipku.page.link/ej13
  8. Toko Mamana https://titipku.page.link/HrjM 

Dengan berbelanja lewat Aplikasi Titipku, kamu turut membantu UMKM Indonesia yang terdampak virus korona. Kamu cukup memesan belanjaan kamu lewat Titipku dan akan diantarkan sampai rumah. Tunggu apalagi, unduh Titipku sekarang!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Tinggalkan Balasan