Air Beras Bisa Buat Wajah Glowing, Kok Bisa?

beras, air beras, perawatan wajah dengan air beras, manfaat air beras, air beras bisa mempercantik kulit, apakah air beras bagus buat wajah, manfaat air beras untuk kulit wajah, cara membersihkan wajah dengan air beras

beras, air beras, perawatan wajah dengan air beras, manfaat air beras, air beras bisa mempercantik kulit, apakah air beras bagus buat wajah, manfaat air beras untuk kulit wajah, cara membersihkan wajah dengan air beras

Air beras bisa digunakan untuk perawatan wajah loh. Percaya nggak?

Rupanya, hal ini benar adanya. Pasalnya, air beras mengandung vitamin dan mineral seperti asam amino, vitamin B, vitamin E, dan zat antioksidan yang memang bermanfaat untuk keremajaan dan kecantikan kulit.

Jadi, jika selama ini Moms selalu membuang air cucian beras, mungkin saat ini bisa menyimpannya untuk perawatan wajah dengan harga yang murah.

Baca Juga: Masa Sih? Modal Kentang Bisa Buat Wajah Glowing?

 

MANFAAT AIR BERAS UNTUK WAJAH

Sebelum mengetahui cara perawatan wajah dengan air beras, kita simak dulu yuk manfaat air ini untuk wajah yang MinTip rangkum dari Liputan 6.

Menghilangkan Bintik Hitam

Air beras bisa digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Hal ini memungkinkan karena kandungan vitamin E di dalamnya yang diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit. Meski demikian, masih perlu adanya tinjauan ilmiah lebih lanjut terkait manfaat satu ini.

Sebagai Toner

Beras bisa jadi bahan pembuat toner wajah yang berfungsi untuk mengencangkan kulit dan membuatnya bersih. Air beras dapat digunakan untuk mempertahankan lapisan sehat pada kulit, sehingga melindungi kulit dari dampak buruk akibat kondisi lingkungan seperti polusi dan paparan matahari.

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat air beras lainnya adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Air ini mengandung vitamin B dan vitamin E yang bermanfaat dalam membantu membuat kulit lebih cerah. Selain vitamin-vitamin tersebut, air ini juga mengandung gamma-oyzanol yang juga berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah.

Mengatasi Jerawat

Salah satu masalah pada wajah adalah jerawat, dan rupanya air beras bisa mengobati wajah yang berjerawat. Pati yang terdapat dalam air ini diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air ini ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik.

Cegah Penuaan Dini

Manfaat air beras untuk wajah yang tak kalah menakjubkan ialah dapat membantu mencegah penuaan dini. Air cucian beras memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu mencegah radikal bebas menyerang kulit. Radikal bebas ini bisa merusak kulit dan menimbulkan penuaan dini. Seperti yang sering ditandai dengan adanya kerutan, noda-noda hitam di wajah, serta elastisitas kulit yang berkurang. Kandungan vitamin E dalam air ini juga diketahui mampu menghambat proses penuaan dini.

Eksfoliasi

Terakhir, air beras juga bermanfaat untuk eksfoliasi atau proses mengikis sel-sel kulit mati. Sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam juga bisa diatasi dengan beras. Jadikan beras halus sebagai eksfoliator alami untuk meluruhkan sel kulit mati tanpa mengiritasinya.

 

CARA MERAWAT WAJAH DENGAN AIR BERAS

Setidaknya ada tiga metode yang bisa dilakukan untuk merawat kulit wajah menggunakan air beras. Berikut metode-metodenya.

Baca Juga: Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Wajah

Membuat Masker Air Beras

Bahan-bahan:

  • 3 sdm beras
  • 1 sdm susu
  • 1 sdm madu

Cara membuat masker:

  • Mulailah dengan mencuci beras dengan air bersih.
  • Setelah itu, masak beras dan biarkan mendidih selama 10 menit. Jika sudah, angkat dan tiriskan airnya ke sebuah wadah.
  • Tambahkan madu dan susu pada air beras.
  • Biarkan dingin dan terapkan campuran ini pada wajah hingga mengering.

Ulangi penggunaan masker alami ini sekitar seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat kulit yang lembap dan sehat.

Merendam Beras

Berikut cara membuat air beras untuk wajah:

  • Ambil ½ cangkir beras, Kemudian cuci hingga bersih dengan air bersih.
  • Setelah itu, masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air bersih.
  • Diamkan selama 30 menit. Lalu saring air ke dalam mangkuk bersih.
  • Air beras siap untuk diterapkan pada wajah dengan cara diurapkan atau dioleskan.
Memasak Beras

Berikut cara memasak beras untuk mendapatkan airnya:

  • Masukkan ½ cangkir beras ke dalam panci.
  • Tambahkan air dua kali lipat dari takaran normal saat menanak nasi.
  • Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih.
  • Dinginkan air yang sudah disaring, kemudian gunakan pada wajah.

*****

Itulah manfaat dan cara menggunakan air beras untuk kesehatan wajah. Perlu diperhatikan bahwa penggunaan air ini tidak cocok untuk semua kulit. Jadi, pastikan jika kulit Moms bereaksi negatif pada metode ini, segera hentikan pemakaian.

Soal beli berasnya, Moms bisa beli dari rumah nih pakai Titipku, jadi Moms tak perlu repot membawa berasnya sendiri ke rumah. Ada Jatiper yang siap mengantarkan pesanan beras Moms.

Download Titipku di Playstore atau Appstore ya Moms!

Tinggalkan Balasan