Biar Nggak Batal, Atasi Dehidrasi Saat Puasa dengan Ini

Minum air putih untuk atasi dehidrasi

Dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh adalah kondisi yang sangat mungkin terjadi saat menjalankan ibadah puasa. Mengapa? Karena saat menjalankan ibadah puasa, kita tidak menerima cairan sama sekali selama 12 jam lebih. Ditambah, tiap orang harus menjalankan kesibukannya masing-masing di mana hal itu juga menguras cairan tubuh.

Kondisi kekurangan cairan tubuh bukanlah sesuatu yang bisa disepelekan. Pada beberapa kasus, kekurangan cairan tubuh yang parah akan berdampak pada kesehatan seseorang. Bisa jadi, orang itu akan terserang penyakit serius karena dehidrasi.

Agar tidak sakit dan bisa menjalankan puasa dengan baik, berikut cara menjaga hidrasi tubuh.

 

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Sahur Agar Tidak Dehidrasi

Salah satu waktu terbaik untuk “menabung” asupan cairan dalam tubuh adalah saat sahur. Agar puasa lancar dan terhindar dari dehidrasi seharian, biasakanlah untuk cukup minum air putih saat sahur. Pada dasarnya, kebutuhan cairan seseorang bisa berbeda dengan orang lain. Tapi, rata-rata orang dewasa membutuhkan asupan cairan hingga 8 gelas atau setara dengan 2 liter air putih dalam satu hari.

Saat berpuasa, waktu yang diperbolehkan untuk memasukkan cairan ke dalam tubuh tentu akan berubah. Untuk menyiasatinya, dan memastikan asupan cairan tercukupi selama puasa, coba terapkan pola 2–4–2. Artinya, kamu dianjurkan untuk minum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas air putih saat berbuka puasa, serta 2 gelas air putih di malam hari atau menjelang tidur.

 

  • Dehidrasi Bisa Disebabkan Karena Makanan Asin

air putih adalah cairan terbaik untuk atasi dehidrasi

Makanan yang terlalu asin adalah hal yang dihindari agar tidak mudah merasa haus. Maka dari itu, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam tambahan saat sahur, seperti: makanan dalam kemasan kaleng, snack, atau ikan asin. Pasalnya, makanan bergaram bisa membuat seseorang cepat haus, hingga kekurangan cairan, karena bisa memengaruhi pengaturan cairan dalam tubuh.

 

  • Dehidrasi Juga Disebabkan Oleh Aktivitas Berlebih

Agar tidak mudah haus dan menghindari dehidrasi, hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat saat berpuasa. Sebab, hanya akan membuat tubuh lebih banyak kehilangan cairan, sehingga mudah merasa haus. Sebagai gantinya, kamu bisa menjadwalkan atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga setelah berbuka puasa atau di malam hari. Selain itu, hindari juga terlalu banyak terpapar sinar matahari agar tubuh tidak mudah merasa lelah dan haus.

 

  • Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
infografis soal dehidrasi
Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160621150324-258-139807/panduan-cegah-dehidrasi-selama-berpuasa

Mengonsumsi makanan sehat saat sahur, seperti sayur dan buah menjadi salah satu kunci agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat. Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah ternyata juga bisa membantu menghindari dehidrasi, karena memiliki kandungan air yang bisa tersimpan di dalam tubuh.

Buah dan sayur bisa kamu beli #DariRumah pakai Titipku. Banyak pilihan pedagang buah dan sayur yang sudah go online di Titipku. Tersedia juga beberapa pilihan pasar online. Mau beli di pasar terdekat dari rumahmu atau beli di pasar langgananmu, semua bisa.

Yuk download aplikasinya di sini!

 

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/biar-enggak-batal-ini-4-cara-atasi-dehidrasi-saat-puasa

Tinggalkan Balasan