4 Manfaat Berpuasa, Dari Diet Hingga Ketenangan Batin

Bulan Puasa biasanya tak hanya dijadikan sebagai kesempatan untuk menahan nafsu, menjalankan ibadah, dan memperbaiki diri. Bagi sebagian orang, ibadah puasa dijadikan kesempatan juga untuk membuat tubuh lebih sehat atau sebagai kesempatan untuk berdiet.

Mau sambil diet atau membuat tubuh lebih sehat saat puasa sebenarnya sah-sah saja. Lagipula, banyak artikel yang menyatakan bahwa puasa bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mampu mengurangi berat badan.

Lalu, kira-kira ada manfaat apa saja yang bisa kita dapat dari berpuasa? Berikut daftar manfaat berpuasa dilansir dari Liputan6.com:

 

 

  • Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran

Ada makna spiritual bagi kaum Muslim yang sedang berpuasa. Selama Bulan Ramadan, tak hanya ibadah puasa yang dijalankan, mayoritas umat Islam juga rajin beribadah dan berdoa sehingga secara tidak langsung melatih pengendalian diri, kemurahan hati, dan mempererat ikatan kekeluargaan. Semua kebiasaan ini akan membangun perasaan damai, ketenangan dan kepuasan diri. Ketenangan hati dan pikiran inilah yang menjadikannya manusia yang lebih baik.

Baca Juga: Wajib Dicoba, Tips Berpuasa untuk Orang dengan Penyakit Maag

 

  • Meningkatkan Kadar Lemak Darah

Puasa sangat baik bagi tubuh karena dapat melindungi diri dari penyakit jantung. Penjelasannya: saat berpuasa, orang cenderung mengurangi konsumsi makanan berlemak yang biasanya terkandung dalam mentega, makanan cepat saji, dan daging berlemak. Ditambah lagi, dengan melakukan salat tarawih akan meningkatkan aktivitas tubuh sehingga memperbaiki metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga: Mengantuk Saat Puasa, Wajar Banget Kok!

 

  • Dapat Mencegah Kecanduan

Kecanduan dapat didefinisikan dalam berbagai hal. Dengan berpuasa, kita bisa belajar untuk menahan diri. Cobalah mengurangi satu kecanduan di bulan Ramadan ini, seperti tidak merokok, berbohong, makan cokelat, atau bergosip. Dengan terlepas dari kecanduan-kecanduan ini, hidup kita akan lebih sehat dan bahagia.

Baca Juga: Tips-Tips yang Bisa Membantumu Berbuka Puasa

 

  • Meningkatkan Pemecahan Lemak dan Penurunan Berat Badan

Manfaat ini berhubungan dengan manfaat kedua. Dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, proses penurunan berat badan akan lebih mudah dicapai. Maka dari itu, Ramadan merupakan saat yang tepat untuk menahan diri dan membiasakan hidup sehat dan berdiet.

 

*****

Itulah sejumlah manfaat berpuasa. Berpuasa memanglah efektif untuk dijadikan kesempatan berdiet. Namun, sama saja jika menu buka dan sahurmu adalah makanan berlemak. Maka dari itu, kamu perlu juga membiasakan diri berbuka dan sahur dengan makanan sehat, seperti sayur atau buah. Nah, soal buah dan sayur, Titipku ahlinya. Jatiper Titipku sudah dilatih sehingga mereka bisa memilihkan sayur dan buah dengan kualitas terbaik untuk kamu para Nitiper. Tinggal pesan saja #DariRumah, nanti tinggal tunggu Jatiper datang membawa sayur dan buah segar untukmu.

Mau? Download Titipku sekarang dan mulai belanja di #PasarOnline sekitarmu yang tersedia di Titipku!

Tinggalkan Balasan