Mengantuk Saat Puasa, Wajar Banget Kok!

mengantuk saat puasa, sleepy

Umat Muslim di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya menahan haus dan lapar, tetapi mereka juga belajar untuk menahan hawa nafsu dan menghormati orang lain. Menahan haus dan lapar memang merupakan tantangan tersendiri, apalagi untuk mereka yang masih melakukan aktivitas di luar rumah seperti bekerja. Namun, hal lain yang tidak kalah menantangnya adalah rasa kantuk yang menyerang saat berpuasa. Wajar gak sih mengantuk saat puasa?

Dilansir dari halodoc, mengantuk saat puasa adalah hal yang sangat wajar. Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan energi dari makanan ataupun minuman selama lebih dari 12 jam. Padahal, tubuh juga memerlukan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Akibatnya, kadar gula darah pun menurun. Gula darah merupakan salah satu sumber energi yang diperlukan tubuh. Jadi, tidak heran selama berpuasa tubuh menjadi lemas dan mengantuk karena kekurangan energi.

Namun, ada faktor lain yang juga berpengaruh seperti jam tidur yang tidak teratur. Bagi yang suka begadang, akan lebih merasa mengantuk karena harus bangun untuk sahur kemudian berangkat atau beraktivitas lain saat pagi. 

Untuk mengatasi, atau setidaknya mengurangi rasa mengantuk saat puasa, kamu bisa melakukan hal-hal berikut lho!

 

  • Ubah Pola Tidur

Untuk yang gemar atau terbiasa begadang, kamu harus mulai mengubah pola tidur untuk menyesuaikan dengan aktivitas puasa. Tidur malam setidaknya butuh 5-7 jam bagi orang dewasa. Nah, supaya bisa bangun untuk sahur dan tidak merasa mengantuk sesudahnya, kamu bisa tidur lebih awal sekitar jam 9 atau 10 malam. Jangan lupa juga untuk tetap mempertahankan kualitas tidur agar saat bangun badan terasa segar.

Baca Juga: Tips-Tips yang Bisa Membantumu Berbuka Puasa

 

  • Cuci Muka

Bila masih merasa mengantuk, cobalah untuk cuci muka dengan air segar. Setidaknya rasa kantuk yang kamu alami akan sedikit berkurang saat bekerja. Air dingin juga membuat tubuh lebih rileks. Setelah mencuci muka, ambilah waktu sejenak untuk mengumpulkan kembali konsentrasi dan mengistirahatkan tubuh, lalu kembali bekerja. 

Baca Juga: Mengapa “Berbuka dengan yang Manis”?

 

  • Tidur Siang

mengantuk saat puasa

Jika mencuci muka masih belum ampuh, kamu bisa tidur siang saat jam makan siang. Istirahat jam makan siang tidak perlu kamu gunakan untuk makan siang, bukan? Tidur siang tidak perlu lama, 5 sampai 15 menit saja sudah cukup asal tidur dengan nyenyak tanpa distraksi apapun. 

Baca Juga: Jangan Rakus, Ini Cara Makan yang Benar Saat Buka Puasa

 

  • Meregangkan Tubuh

Duduk di meja dalam waktu yang lama dan berkonsentrasi tinggi, juga dapat membuatmu mengantuk, apalagi ketika tubuh sedang kekurangan energi. Nah, kamu bisa melakukan peregangan ringan agar otot-otot tubuh tidak kaku. Berjalan santai di dalam kantor selama beberapa menit juga dapat membantu melancarkan aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak agar rasa kantuk pun berkurang. 

 

 

Nah, selama berpuasa, tubuh juga memerlukan asupan makan yang bergizi agar tetap kuat selama beraktivitas di siang hari loh! Kini, belanja ke pasar makin mudah bersama Titipku. Belanja ke pasar terdekat lewat Aplikasi Titipku cukup duduk di rumah dan Jatiper siap mengantarkan pesananmu. Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku, jangan sampai ketinggalan promonya! 

Tinggalkan Balasan