Tips-Tips yang Bisa Membantumu Berbuka Puasa

Menu berbuka puasa sebaiknya memang diisi dengan makanan yang bergizi dan menyehatkan. Sembarangan memilih makanan untuk berbuka, tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga dapat menambah berat badan. 

Kamu pasti sudah banyak membaca bagaimana menu yang sehat untuk berbuka. Misalnya saja, diawali dengan minum air putih, lalu makan buah kurma atau teh manis hangat, kemudian baru baru makan makanan berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Tapi, sudahkah kamu tahu bagaimana tips-tips bermanfaat seputar berbuka puasa? Yuk simak ulasannya. 

 

Kunyah dengan Benar

Rasa lapar yang segera ingin dipuaskan, kadang malah membuatmu makan dengan tergesa-gesa dan tidak mengunyah makanan dengan baik dan benar. Hal itu malah akan memperberat kerja sistem pencernaanmu setelah seharian tidak mengonsumsi makanan apapun. Mudahnya, perutmu akan “kaget” karena awalnya kosong dan tiba-tiba harus mencerna makanan yang tidak dikunyah dengan baik. 

Baca Juga: Mengapa “Berbuka dengan yang Manis”?

 

Makan dengan Porsi Kecil

Agar tidak membuat sistem pencernaan “kaget”, selain mengunyah makanan dengan benar, kamu juga sebaiknya makan dalam porsi yang lebih kecil dahulu. Makanan dengan porsi kecil akan membuat sistem pencernaan kembali terbiasa untuk melakukan tugasnya. Selain itu, makan banyak saat berbuka justru akan membuatmu sakit perut, mengantuk, hingga menambah berat badan. Wah, gak sehat banget nih!

Baca Juga: Jangan Rakus, Ini Cara Makan yang Benar Saat Buka Puasa

 

Jangan Langsung Konsumsi Daging Merah

Daging merah lebih sulit dicerna daripada telur ataupun ikan. Mengonsumsi daging merah saat berbuka akan membuat perut lebih lama mencerna makanan. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh makan daging selama puasa. Daging tetap boleh dimakan setelah tubuh selesai mencerna makanan dengan porsi kecil yang sebelumnya dimakan. Namun harus tetap memperhatikan asupan kalori harianmu ya! 

Baca Juga: Begini Caranya untuk Buka Puasa yang Sehat

 

*****

Nah itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan saat berbuka puasa. Berpuasa artinya juga menahan diri untuk segera memuaskan rasa lapar ketika waktu berbuka tiba. Ingatlah untuk selalu pelan-pelan ketika makan saat berbuka puasa. Meskipun jarang diperhatikan, berbuka puasa secara perlahan akan memberikan banyak manfaat bagi tubuhmu. 

Menu berbuka yang sehat, pastinya yang dimasak sendiri. Nah, bahan-bahannya bisa dicari dengan mudah lewat Aplikasi Titipku. Buah dan sayur segar siap diantar oleh Jatiper ke rumahmu. Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan