Begini Caranya untuk Buka Puasa yang Sehat

Bulan Puasa sudah tiba. Jutaan umat Muslim di Indonesia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa. Menahan hasrat makan dan minum dalam waktu yang lama tentunya tidak mudah, namun perlu dijalani sebagai bentuk ketaatan.

Jika sudah waktunya buka puasa, banyak orang yang langsung makan dan tidak mempedulikan asupan gizi yang dimakan. Padahal, hal ini tidak baik bagi kesehatan. Dengan berpuasa, gizi dalam tubuh akan tekuras dan dengan demikian perlu diisi kembali saat berbuka puasa dan sayur. Jika tidak, orang tersebut akan rentan terserang penyakit.

Agar puasamu tetap dilakukan dalam kondisi sehat, lakukan tips buka puasa yang sehat berikut ini yuk!

 

  • Penuhi Cairan Tubuh

Dikutip dari Health.detik.com, tips pertama buka puasa yang sehat adalah langsung berbuka. Saat mendengar adzan, pastikan segera minum atau konsumsi makanan yang kaya cairan. Asupan tersebut harus rendah lemak dan harus mengandung cukup gula alami untuk menyediakan kebutuhan energi. Sebagai contoh, minuman yang bisa dikonsumsi adalah: air mineral, susu, jus buah, atau smoothies tanpa gula tambahan. Untuk asupan gula, sangat disarankan untuk memakan kurma.

Simak Info Ini Juga: Amankah Buka Puasa Dengan Air Kelapa? Cek Ulasan Berikut!

 

  • Pilih Makanan yang Mudah Dicerna

Setelah tidak makan atau minum minimal 12 jam, sistem pencernaan perlu menyiapkan diri terlebih dulu. Jika ingin makan, sebaiknya pilih makanan yang lembut dan mudah dicerna seperti alpukat, pepaya, dan sayuran yang dikukus. Selain alpukat dan pepaya, buah lainnya juga baik untuk dikonsumsi karena menyediakan gizi dan mineral yang baik.

Mungkin Kamu Terlewat: 7 Sayuran yang Sebaiknya Kamu Makan Saat Bulan Puasa

 

  • Jangan Makan Terlalu Berat

Menu makan besar berbeda di tiap negara sesuai kebudayaannya. Namun pastikan menu tidak didominasi karbohidrat dan lemak jenuh. Menu harus menyertakan sayuran, buah, dan makanan berbahan hewani yang tidak diolah dengan terlalu banyak garam, gula, dan lemak. Asupan ini sebaiknya punya porsi lebih besar dibanding karbohidrat sederhana untuk menjaga berat badan, kadar gula, dan tekanan darah.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa untuk Berbuka Puasa

 

  • Olahraga Setelah Makan

Menjalankan puasa bukan alasan untuk tidak olahraga. Tentunya olahraga yang dijalankan tidak perlu yang berintensitas tinggi atau menguras energi terlalu banyak. Jalan kaki usai makan besar, seperti mengitari pekarangan rumah.

 

 

Itulah tips buka puasa yang sehat. Kata kunci dari puasa sehat adalah makanan bergizi dan olahraga. Di masa pandemi ini, ada baiknya untuk berolahraga di rumah saja. Sama halnya dengan olahraga, ada baiknya belanja sayur dan buah untuk berbuka puasa dilakukan dari rumah pakai Titipku. Nantinya, pesanan sayur dan buah akan diantarkan oleh kurir Titipku yang bernama Jatiper. Yuk download dan belanja pakai Titipku.

Tinggalkan Balasan