Benarkah Air Kelapa Bisa Netralisir Vaksin COVID-19?

kelapa, air kelapa, vaksin, vaksin covid-19, vaksin covid, coconut, coconut water

kelapa, air kelapa, vaksin, vaksin covid-19, vaksin covid, coconut, coconut water

Beberapa waktu lalu sempat beredar pesan di grup Whatsapp yang menganjurkan orang meminum air kelapa setelah menerima vaksin COVID-19. Informasi yang beredar berbunyi, “Buat anggota group yg sudah diVaksin karena dapat undangan, mohon siapkan kelapa ijo… jgn lupa, Bagi yang belum diVaksin persiapkan diri, Insya ALLAH air klapa ijob bisa jadi penawar effect racun Vaksin, Aamiin Ya Robbbal Alamin.

Klaim soal air kelapa bisa menetralkan vaksin COVID-19 juga dengan tegas dibantah di laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Dalam pernyataan tersebut disebutkan, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi air kelapa bisa mengganggu atau menetralkan fungsi vaksin yang sudah disuntikkan. Namun, bagaimana penjelasan medisnya?

TIDAK ADA HUBUNGAN KELAPA DENGAN VAKSIN

Melansir dari Klikdokter.com, dr. Arina Heidyana mengatakan tidak ada hubungan antara minum air kelapa dengan vaksin COVID-19. Beliau mengatakan, “Menurut saya tidak benar air kelapa bisa menetralkan vaksin COVID-19. Lagian vaksin kan bukan racun. Jadi apa yang mau dinetralkan?”.

“Ingat juga, vaksin itu disuntiknya ke jaringan otot, sedangkan air kelapa diminum dan masuk ke lambung. Jadi tidak akan ketemu dan tidak akan memberikan interaksi satu sama lain juga,” dia menegaskan.

FUNGSI AIR KELAPA UNTUK KESEHATAN

Meski tak ada hubungan antara air kelapa dengan vaksin, Anda tetap bisa menikmati air kelapa kok. Toh, kelapa memang memiliki khasiat untuk kesehatan, di antaranya:

  • Elektrolit Alami

Banyak orang menggunakan air kelapa sebagai minuman pengganti cairan tubuh yang alami.  Minum air kelapa setelah joging atau olahraga lainnya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Cairan tubuh yang hilang pun dapat segera tergantikan.

  • Rendah Kalori

Dalam satu cangkir air kelapa hanya berisi 45 kalori, terhitung rendah bila dibandingkan dengan jus buah lainnya. Dikutip dari Healthline, Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan air kelapa juga memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat dibanding jus buah lainnya.

  • Punya Kandungan Kalium yang Tinggi

Air kelapa memiliki 10 kali lebih banyak jumlah kalium dari kebanyakan minuman elektrolit lainnya. Secangkir air kelapa memiliki 405 mg  kalium. Kalium ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat sedang berolahraga.

  • Punya Kandungan Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Minumlah air kelapa langsung dari buahnya untuk mendapatkan antioksidan yang tinggi.

  • Mengandung Sitokinin

Senyawa sitokinin dalam kelapa dipercaya memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang sahih yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat menangkal kanker.

*****

Butuh kelapa untuk kesehatan? Yuk beli #DariRumah saja pakai Titipku. Di Titipku, banyak pedagang air kelapa yang bisa dipilih. Mau dari pasar terdekat atau pasar langganan, semua bisa! Tinggal pesan pakai aplikasi, bayar, lalu tunggu Jatiper mengantarkan pesanan. Mudah banget kan? Yuk lah langsung download Titipku dan belanja praktis bersama Titipku.

Tinggalkan Balasan