Camilan Khas Kota Semarang yang Wajib Dicoba

Sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang tentu punya ciri khasnya sendiri. Tidak hanya dari segi wisata, tetapi juga dalam hal kuliner. Dari makanan berat hingga makanan ringan, Semarang punya banyak kuliner yang sangat menarik untuk dicicipi.  Jika kamu adalah tipe penjelajah kuliner yang lebih suka mencicipi makanan ringan atau camilan khas suatu daerah, pas banget nih untuk tahu apa saja camilan khas Kota Semarang yang layak kamu coba. Siapin perut dan lidah kamu ya!

 

Lumpia

Lumpia sudah lama menjadi camilan khas Kota Semarang. Tidak hanya dinikmati oleh masyarakat setempat, tetapi juga bisa dijadikan oleh-oleh lho! Untuk kamu yang belum tahu, lumpia dibuat menggunakan tepung yang dibentuk seperti lembaran dan digulung lalu diberi berbagai macam isian. Dari segi bentuk, bentuk lumpia mirip dengan sosis solo namun sedikit lebih tebal karena berisi lebih banyak. 

Lumpia umumnya berisi daging, udang, dan rebung (bambu muda). Sebagai tambahan, biasanya disajikan dengan saus kental manis untuk dicocol. Kamu bisa dengan mudah menjumpai lumpia di penjaja gorengan yang kamu temui di pinggir jalan. 

Tahu Petis

Suka banget sama gorengan? Sudah saatnya kamu mencoba tahu petis, camilan khas Kota Semarang. Tahu petis sejatinya adalah tahu putih biasa yang digoreng dan dimakan bersama dengan petis. Petis adalah saus hitam yang terbuat dari udang. 

Baca Juga: Top  7 Wisata Kuliner Semarang Super Endess! Kamu Wajib Coba

Uniknya, sambal petis ini tidak dicocol seperti kamu memakan lumpia, tapi disisipkan di dalam tahu. Tidak lupa dimakan bersama cabai rawit. Tidak lengkap rasanya jika makan gorengan tidak ditemani cabai rawit. Perpaduan rasa tahu yang sedikit asin, petis yang manis, dan cabai rawit yang pedas, membuat tahu petis digemari oleh semua kalangan masyarakat. Wajib banget coba!

Pisang Plenet

Kalau kamu tertarik dengan kuliner yang bernama unik, wajib banget nih mencoba pisang plenet. Pisang plenet adalah jajanan khas Semarang yang sudah melegenda. Terbuat dari pisang yang digoreng tanpa tepung lalu diberi topping di atasnya sesuai permintaan, membuat pisang planet menjadi camilan yang cocok dinikmati saat senggang.

Diberi nama plenet karena dalam penyajiannya pisang yang sudah digoreng tadi di-plenet atau dipipihkan. Varian rasanya meliputi cokelat, keju, hingga stroberi. Nikmat banget bukan?

Wedang Tahu

Selain wedang ronde yang enak banget dinikmati saat hujan, ternyata ada yang tidak kalah nikmatnya juga lho: wedang tahu. Meskipun banyak ditemui di kota-kota lain, ternyata wedang tahu lebih dikenal di Semarang. Konon, wedang tahu dibawa oleh seorang imigran dari Tiongkok ke Semarang pada abad ke-19. Sehingga, sekarang lebih dikenal menjadi minuman khas Semarang. 

Dari segi kuah, wedang tahu memiliki kesamaan rasa dengan wedang ronde. Yang membedakan hanyalah isi dari kedua wedang tersebut. Wedang tahu menggunakan kembang tahu yang terbuat dari susu kedelai dicampur dengan air garam dan bubuk agar-agar. Saat malam dingin, pas banget kamu nyobain wedang tahu asli Semarang ini!

 

Itulah dia empat camilan khas Kota Semarang. Bagi kamu yang membaca artikel ini dan langsung ngiler boleh loh langsung cari camilan di sekitarmu. 

Kebingungan mencari penjaja camilan di daerah sekitarmu? Cari lewat aplikasi Titipku aja! Titipku memudahkanmu untuk mencari camilan hingga kebutuhan dapurmu dengan belanja di pasar terdekat. Salah satu jajanan yang lagi ada diskon adalah saucijs brood dari HappyMe. Ada diskon 10% untuk pembelian saujics brood hingga Tanggal 23 Februari 2021.

Mau  lebih hemat lagi? Tenang, masih ada promo gratis ongkir di bulan Februari lho! Promo HARTIPNAS datang lagi dengan membawa Gratis Ongkir 100%. Caranya: cukup masukkan kode promo ONGKIRGRATIS saat hendak checkout.

Unduh aplikasi Titipku untuk menikmati semua promonya!

Tinggalkan Balasan