Cara Bijak untuk Mengurangi Limbah Minyak

Warga Indonesia sangatlah senang dengan makanan yang digoreng. Tempe goreng, tempura, dan ayam goreng crispy adalah sebagian contoh makanan favorit di Indonesia. Karena makanan-makanan ini digoreng, tentunya membutuhkan bahan untuk menggoreng, yakni minyak goreng.

Berdasarkan Katadata.co.id Indonesia menjadi negara dengan konsumsi minyak goreng sawit terbesar, yakni mencapai 13.110 ribu metrik ton pada 2019. Padahal, negara kedua tertinggi dalam menggunakan minyak kelapa sawit hanya membutuhkan 3.100 ribu metrik ton di tahun yang sama. Tingginya konsumsi akan minyak kelapa sawit tentunya berdampak pada banyaknya limbah minyak yang dihasilkan.

Tahukah kamu bahwa limbah minyak goreng berbahaya bagi lingkungan? Supaya penggunaannya tidak berdampak besar bagi lingkungan, perlu diantisipasi dengan cara berikut ini:

 

  • Jangan Buang Minyak di Wastafel

Jangan membuang minyak goreng di wastafel, baik yang masih panas atau yang bersuhu ruangan. Minyak goreng dapat menyumbat pipa dan menghancurkan pipa pribadi atau lingkungan. Selain itu, minyak yang dituangkan ke wastafel dapat menyebabkan ruang bawah tanah dibanjiri limbah.

  • Pakai Minyak Lebih Dari Sekali

Minyak goreng pada dasarnya bisa digunakan lagi, asal disimpan dan disaring. Kamu bisa menggunakan filter kopi untuk menyaring minyak dari remahan bekas gorengan sebelumnya. Agar kondisi minyak terjaga, pastikan juga disimpan di tempat ynag tertutup rapat dan dimasukkan ke lemari es. Saat ingin digunakan lagi, pakai seperlunya supaya tidak boros.

  • Manfaatkan Program Daur Ulang Minyak

Di beberapa daerah sudah digerakkan program daur ulang minyak. Nah, kamu bisa menyumbangkan minyak bekas ke sana untuk didaur ulang. Biasanya, minyak goreng bekas bisa didaur ulang menjadi biodiesel.

*****

Nah itulah tadi cara untuk mengatasi limbah minyak yang berpotensi mencemari Indonesia. Tapi perlu diingat, bahwa penggunaan minyak goreng berulang kali tetap mengurangi kualitas minyak dan itu berbahaya bagi tubuh. Jika dirasa minyak goreng sudah tidak bisa dipakai lagi, ada baiknya untuk membeli minyak goreng yang baru.

Titipku sedang menggelar diskon minyak goreng dan gula pasir loh untuk pembelian di Diamond Supermarket Kelapa Gading. Promo berlaku dari 4 hingga 6 Maret 2021. Mulai dari minyak Bimoli, Tropical, Sunco, dan gulaku hijau atau kuning, semua ada. Simak info lebih lengkap di Instagram Titipku juga ya!

Yuk download aplikasinya dan dibeli minyak serta gulanya!

Link Toko Diskon : https://titipku.page.link/DUxA
Periode Promo       : 4 – 6 Maret 2021

 

Sumber: https://www.republika.co.id/berita/qjrxww463/emtipsem-bijak-gunakan-minyak-goreng-agar-tak-jadi-limbah 

Tinggalkan Balasan