Tips Membuat Minyak Bawang

Titipku – Memiliki rasa yang khas dan kuat, bawang putih sangat umum dan sering digunakan dalam masakan. Mulai dari memasak mie instan, nasi goreng, hingga sup, bawang putih hampir selalu ditambahkan agar masakan terasa lebih sedap dan harum. Semakin banyak kamu menggunakan bawang putih dalam masakan, semakin lama juga waktu yang kamu butuhkan untuk mengupas, mencuci, dan mengiris bawang putih yang akan kamu gunakan. Jika kamu tidak ingin repot, cukup gunakan minyak bawang aja!

Minyak bawang sebenarnya merupakan minyak goreng biasa yang dicampur dengan bawang putih. Dengan pengolahan dan pembuatan yang tepat, minyak bawang juga memiliki karakteristik bawang putih, sehingga dapat digunakan selayaknya bawang putih biasa dalam masakan. Minyak bawang putih jauh lebih praktis karena kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengupas bawang putih. Kalau kamu punya banyak waktu luang, membuat minyak bawang mudah kok. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Bahan
  • 8 siung bawang putih
  • 2 gelas (470ml) minyak
Alat
  • Pisau
  • Botol untuk menyimpan minyak
Langkah-langkah
  1. Tekan bawang putih menggunakan sisi pisau sampai hancur. Hindari menggunakan talenan kayu karena akan menyerap kandungan bawang putih. 
  2. Pisahkan kulit bawang putih. Kulit akan lebih mudah dikupas setelah bawang putih dihancurkan.
  3. Campurkan bawang putih yang sudah dihancurkan tadi ke dalam botol yang sudah diisi minyak. 
  4. Tutup rapat botol, lalu goyankan perlahan agar bawang tercampur dengan minyak.
  5. Simpan minyak di botol di dalam kulkas, diamkan setidaknya dua hari agar rasanya semakin kuat.

Mudah bukan membuatnya? Minyak bawang yang kamu simpan di dalam kulkas bertahan paling tidak 5-7 hari. Ketika sudah lebih dari tujuh hari, sebaiknya dibuang untuk menghindari botulisme; keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam makanan kaleng. Membuat minyak bawang setiap 5-7 hari sekali tidaklah melelahkan, apalagi untuk kamu yang memasak setiap hari. Gunakan minyak bawang secukupnya ketika memasak, selayaknya kamu menggunakan bawang putih untuk memasak. 

#dirumahaja

Tapi, kalau kamu tetap merasa repot untuk membuat minyak bawang sendiri, minyak bawang juga tersedia dalam kemasan lho! Kamu bisa mencarinya lewat Aplikasi Titipku. Unduh aplikasinya di Playstore dan cari kebutuhan dapur yang kamu perlukan dengan mudah dan murah. Yuk segera unduh dan berbelanja pakai Titipku!

Tinggalkan Balasan