Cara Diet Dalam Kondisi Mengidap Maag

mengidap maag, diet, maag, diet aman, mengidap maag, menderita maag

mengidap maag, diet, maag, diet aman, mengidap maag, menderita maag

Celana udah mulai tidak cukup, perut semakin membuncit, perlu untuk diet, tapi takut maagnya kambuh. Ini adalah sebuah dilema yang sering dihadapi oleh mereka yang mengidap maag. Pasalnya, program diet yang sering dijalani adalah program mengurangi porsi makan, sementara maag akan kambuh bila asam lambung meningkat. Asam lambung yang meningkat salah satunya dikarenakan kekurangan asupan makanan atau terlambat makan.

Daripada pusing, mending ikuti tips diet yang oke bagi Anda yang mengidap maag. Info ini dilansir dari Hellosehat.com berikut ini.

 

  1. Pilih Makanan yang Tepat

Tips pertama untuk orang yang mengidap maag tetap bisa diet adalah harus pintar memilih jenis makanan yang aman untuk asam lambung sekaligus tidak membuat berat badan naik. Kunci utamanya adalah memilih makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak, tapi tinggi protein. Contohnya yaitu ikan, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa gajih, dan telur ayam bagian putihnya saja.

Perhatikan juga asupan karbohidrat harian Anda. Karbohidrat yang terlalu banyak tak hanya membuat berat badan Anda cepat naik, tapi juga memperparah gejala asam lambung. Apalagi jika karbohidrat ini berasal dari makanan olahan seperti kue, donat, atau roti. Sebagai solusinya, ganti dengan asupan karbohidrat dari buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Atau pilih sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi, seperti nasi merah dan roti gandum.

Nah makanan-makanan sehat yang dianjurkan di atas bisa Anda beli dari rumah lewat aplikasi Titipku loh. Belanja di aplikasi ini sangat praktis, karena tinggal: pesan, bayar, lalu tunggu Jatiper datang mengantar pesanan. Mau mulai belanja praktis? Yuk download aplikasi Titipku sekarang.

  1. Atur Porsinya

Ikuti saja pepatah “makan sedikit tapi sering lebih baik daripada porsi besar dalam sekali makan”. Bila Anda terbiasa makan tiga kali sehari dalam porsi banyak, sebaiknya bagi ke dalam 5-6 porsi kecil. Makan dalam jumlah kecil dengan jenis makanan yang tepat dapat membantu mengendalikan berat badan. Bahkan, hal ini juga bisa mengurangi gejala asam lambung yang sering kambuh.

  1. Olahraga Rutin

Sudah capek diet tapi berat badan Anda tak kunjung turun? Bisa jadi Anda kurang olahraga. Salah satu cara paling mudah, murah, dan efektif yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dan untuk mendampingi program diet adalah olahraga. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mulai olahraga. Beberapa jenis olahraga dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan Anda. Bukannya bikin sehat, gejala asam lambung Anda justru bisa sering kambuh.

Sebaiknya, mulailah dengan olahraga yang ringan seperti berjalan, jogging, yoga, atau berenang. Lakukan setidaknya selama 30 menit minimal 3 kali seminggu. Setelah itu, perhatikan reaksi tubuh Anda. Jika gejala maag tidak kambuh, maka Anda baru boleh mencoba jenis olahraga lainnya yang lebih berat.

Tinggalkan Balasan