Cara Jitu Simpan MPASI dalam Kondisi Beku

MPASI, MPASI beku, beku, makanan bayi, makanan bayi beku, frozen

Si kecil sudah mulai bisa mengonsumsi Makanan Pengganti Air Susu Ibu atau MPASI? Nah, ini menjadi tugas tambahan juga bagi orang tua untuk menyiapkannya. Dan terkadang, orang tua sangat sibuk sehingga MPASI harus disiapkan dalam batch besar dan disimpan secara beku. Menyimpan MPASI beku ini memang bisa membantu, tetapi jika salah menyimpannya bisa berbahaya bagi bayi loh Moms.

Melansir dari Kumparan Mom, yuk simak tips-tips menyimpan MPASI beku yang aman bagi si kecil.

 

  1. Cuci dan Kupas Buah atau Sayuran

Cuci dan kupas buah atau sayuran, seperti stroberi, wortel, dan kentang hingga bersih, sebelum dihaluskan atau dipotong menjadi beberapa bagian. Namun jika Anda ingin menyimpan buah utuh, sebuah penelitian dari Amerika menyarakankanĀ  untuk merebus buahnya sebelum dibekukan. Tujuannya, untuk membatasi aktivitas enzimatiknya dan menghancurkan mikroorganisme di permukaannya.

  1. Dinginkan Makanan yang Sudah Matang

Dinginkan makanan yang sudah matang sebelum dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan. Namun jangan dibiarkan terlalu lama saat Anda mendinginkannya. Makanan yang dimasak jangan disimpan lebih dari dua jam pada suhu ruangan agar makanan tidak terkontaminasi mikroba.

  1. Atur Suhu Freezer

Disarankan untuk Moms mengatur suhu freezer di bawah -18 derajat celsius untuk menyimpan MPASI. Menyimpan makanan pada suhu yang sesuai sangat penting untuk mencegah pembusukan mikroba.

  1. Perhatikan Wadah Penyimpanan

Jangan pernah menggunakan wadah kaca untuk membekukan makanan. Kebanyakan wadah kaca tidak tahan suhu beku dan bisa pecah atau retak. Jadi, bisa meninggalkan pecahan di makanan. Sebaiknya, gunakan wadah atau kantung kedap udara untuk menyimpan makanan beku. Supaya makanan tidak mengalami luka bakar freezer, yakni adanya bercak bertekstur keputihan, kecoklatan, atau keabu-abuan yang berkembang di atas makanan karena dehidrasi dan oksidasi yang disebabkan oleh paparan udara.

  1. Beri Label

Beri label yang jelas pada wadah, kantung, atau baki es dengan nama makanan yang disimpan dan tanggal penyimpanannya.

*****

Nah, tips menyimpan MPASI beku sudah tahu, lalu tips selanjutnya adalah untuk membeli bahan pangan yang segar dan berkualitas. Tipsnya gampang Moms: belanja pakai Titipku. Di Titipku, produk yang dibeli asli dari pasar, jadi produknya segar dan diganti tiap hari. Kemudian, Jatiper yang membelanjakan sudah berpengalaman dalam memilih produk belanjaan, jadi dipastikan produk yang diantar segar dan berkualitas. Tertarik? Yuk download Titipku sekarang.

Tinggalkan Balasan