Cara Memasak Cumi yang Tidak Alot. Dijamin Empuk!

cumi, cumi-cumi, memasak, memasak cumi-cumi, memasak cumi, cumi empuk, cumi-cumi empuk, cumi tidak alot, cumi-cumi tidak alot

 

cumi, cumi-cumi, memasak, memasak cumi-cumi, memasak cumi, cumi empuk, cumi-cumi empuk, cumi tidak alot, cumi-cumi tidak alot

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Melansir dari Wikipedia, cumi-cumi bisa diolah menjadi makanan. Manusia di seluruh penjuru dunia sering memasak cumi jenis Loligo Pealei dan tersebar di perairan Laut Tengah, Asia Timur, serta sepanjang pantai timur Amerika Utara.

Banyak kuliner yang menggunakan cumi-cumi sebagai bahan utamanya, seperti: tumis cumi-cumi, cumi-cumi goreng tepung, cumi-cumi besar bakar, dan masih banyak lagi. Semua kuliner itu bercita rasa lezat, namun tidak semuanya empuk. Cumi-cumi memiliki tekstur daging yang kenyal, sehingga jika salah pengolahan, dagingnya akan menjadi alot.

Melansir dari Beautynesia.id, berikut cara memasak cumi yang tidak menyebabkan dagingnya alot.

 

  • Dibakar

Cara memasak cumi supaya tidak alot adalah dengan dibakar. Sebelum dibakar, cumi dibalur dengan bumbu garam dan merica. Lanjutkan dengan membakarnya di atas api besar dengan durasi kurang lebih dua hingga tiga menit. Jika sudah, silakan angkat dan cumi-cumi bertekstur empuk pun siap disantap.

  • Dipanggang

Selanjutnya ialah dengan cara dipanggang. Agar lebih mudah, pangang cumi yang masih berbentuk utuh. Namun, jika sudah terlanjur memotongnya menjadi beberapa bagian, Anda  bisa menggunakan panci pemanggang khusus.

Saat memanggangnya, pastikan arang ataupun api kompor yang digunakan menyala dengan besar. Butuh waktu sekitar dua hingga tiga menit untuk memastikan cumi matang dengan sempurna. Anda bisa melihatnya dari perubahan warna yang ditampilkan.

  • Ditumis

Cara yang tidak kalah ampuh untuk menghasilkan cumi yang empuk adalah dengan menumisnya. Hal ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang punya waktu lebih. Ya, karena cara ini akan memakan lebih banyak waktu.

Cara melakukannya cukup mudah, Anda tinggal memasukkan semua bahan, mulai dari bumbu hingga cumi-cumi yang sudah dicuci ke dalam wajan. Tumis hingga bumbu harum dan daging cumi matang sempurna. Biarkan beberapa waktu juga untuk membuat bumbu meresap ke dalam daging cumi. Proses ini kurang lebih membutuhkan waktu selama 30 menit.

  • Direbus

Memasak cumi supaya dagingnya tetap empuk juga bisa dilakukan dengan cara direbus. Anda tinggal rebus daging cumi yang sudah dipotong dan dibersihkan ke air yang sudah mendidih. Rebus cumi sekitar satu menit. Jika sudah, lanjutkan dengan memasukkan cumi ke dalam air es. Cumi kemudian bisa Anda campurkan dengan aneka sayuran, seperti sup.

*****

Jika Anda tertarik untuk mengolah cumi-cumi, Anda bisa membelinya #DariRumah. Tinggal pesan saja cumi-cumi menggunakan aplikasi Titipku. Pesan lewat aplikasi, bayar secara cashless, lalu tinggal tunggu Jatiper datang membawakan pesanan. Praktis dan aman tentunya. Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan