Cara Mengetahui Ayam Olahanmu Matang Sempurna

ayam, chicken, tingkat kematangan, kematangan, tingkat kematangan ayam, tingkat kematangan daging ayam, ayam matang sempurna, matang, matang sempurna, daging ayam matang sempurna, mengolah daging ayam, mengolah ayam

ayam, chicken, tingkat kematangan, kematangan, tingkat kematangan ayam, tingkat kematangan daging ayam, ayam matang sempurna, matang, matang sempurna, daging ayam matang sempurna, mengolah daging ayam, mengolah ayam

Daging ayam itu tidak seperti daging sapi yang memiliki beragam tingkat kematangan. Daging ayam haruslah matang sempurna untuk bisa dikonsumsi. Jika daging ayam tidak matang, akan berdampak pada kesehatan kita loh. Itulah sebabnya tidak ada pilihan menu steak ayam rare di daftar menu restoran manapun.

Karena daging ayam berbahaya ketika tidak matang, maka kita juga perlu berhati-hati saat mengolah ayam sendiri di rumah. Misalnya saat menggoreng ayam tepung. Terkadang kita tidak bisa melihat kematangan ayam karena terbalut tepung.

Sebenarnya, ada 3 cara untuk melihat apakah ayam matang sempurna atau tidak. Melansir dari Sonora.id, yuk simak bagaimana 3 cara tersebut.

 

  • Cek dengan Termometer Dapur

Anda bisa gunakan termometer dapur jika Anda memasak hidangan ayam utuh dengan daging yang tebal, karena mungkin akan susah melihat kematangan ayam lewat penglihatan. Caranya adalah tusukan termometer pada daging ayam yang cukup tebal, lalu lihat apakah angka pada termometer sudah menunjukan angka suhu ayam matang yang sesuai? Tingkat kematangan daging ayam yaitu pada panas 73 derajat celsius.

  • Cek dengan Menusukkan Pisau Ke Daging Ayam

Kematangan daging ayam  juga bisa kamu cek dengan cara menusukkan pisau ke daging ayam. Jika setelah ditusuk daging mengeluarkan cairan bening, berarti daging tersebut sudah matang. Sebaliknya, jika daging masih mengeluarkan darah artinya daging masih kurang matang.

  • Warna Daging Berubah Menjadi Putih

Ciri-ciri ayam yang matang juga bisa dilihat dari perubahan warna daging ayam saat dimasak. Ayam yang sudah matang akan berubah menjadi warna putih dan terlihat juicy, tidak kering.  Jika kering artinya daging ayam terlalu matang. Biasanya ayam yang matang dengan baik dimasak dalam waktu 45 menit sampai 1 jam.

*****

Nah, itulah 3 cara untuk mengukur kematangan ayam. Jadi, Anda bisa memilih satu dari 3 cara di atas. Kalau Anda tidak bisa melihat daging ayamnya, maka bisa menggunakan termometer.

Bicara soal daging ayam, kini Bunda bisa belanja daging ayam di pasar terdekat Bunda menggunakan aplikasi Titipku loh. Belanjanya praktis, ada promo gratis ongkir lagi yang bisa Anda pakai hingga tanggal 6 Juni 2021.

Yuk download aplikasi Titipku dan mulai belanja daging ayam #DariRumah.

Tinggalkan Balasan