Jangan Cuma Ngebo: Ini Hal yang Bisa Dilakukan di Akhir Pekan

weekend, akhir pekan, kegiatan akhir pekan, ngebo, tidur panjang, hobi, melakukan hobi, cek email, batasi pekerjaan rumah, istirahat cukup

weekend, akhir pekan, kegiatan akhir pekan, ngebo, tidur panjang, hobi, melakukan hobi, cek email, batasi pekerjaan rumah, istirahat cukup

Akhir pekan adalah saatnya untuk balas dendam. Kita bisa santai seharian dan bangun siang. Hal ini sah-sah saja untuk memberi tubuh waktu istirahat lebih. Hanya saja: masak dua hari akhir pekan hanya akan dihabiskan untuk istirahat? Tentunya tidak dong. Ada banyak pilihan untuk tetap produktif di akhir pekan. Selain membuat tubuh kita tetap aktif, aktivitas-aktivitas ini juga bisa mengasah soft skill kita yang mungkin tidak bisa kita lakukan saat hari kerja.

Mengutip dari Kumparan, berikut hal-hal yang bisa dilakukan di akhir pekan:

 

  1. Cek Email

Hal ini harus Anda lakukan setidaknya satu hingga dua kali saja dalam sehari. Agar maksimal dan teratur, coba buat jadwal tetap kapan Anda harus membaca dan membalas seluruh email yang masuk. Misalnya setiap pukul delapan pagi dan jam dua siang. Agar praktis, Anda bisa melakukan hal ini lewat smartphone ataupun tablet. Ini harus Anda lakukan untuk memastikan tak ada hal penting yang terlewat. Memang kerja tak harus tujuh hari dalam seminggu, tapi ada kalanya kita perlu untuk mengecek pekerjaan sebentar.

  1. Atur Rencana

Jangan sampai akhir pekan Anda berlalu begitu saja tanpa aktivitas berarti. Di sela aktivitas harian yang super padat, akhir pekan merupakan barang mewah yang harus Anda maksimalkan fungsinya. Setidaknya, Anda harus sudah memiliki rencana soal kegiatan yang akan Anda lakukan. Mulai dari bertemu dengan sahabat lama, partner bisnis, menonton pertandingan olahraga kesukaan, kencan bersama kekasih, dan sebagainya. Semua demi menjaga hubungan baik dengan orang di sekitar. Miliki kehidupan sosial yang lebih baik.

  1. Fokus Pada Diri Sendiri

Akhir pekan berarti rehat sejenak dari aktivitas harian yang memusingkan. Fokus menata diri sendiri amat penting untuk dilakukan, karena bisa memengaruhi mood dan kesehatan jiwa Anda. Anda bisa menggunakan waktu libur untuk memanjakan diri dengan menikmati pijat di salon atau spa. Menghabiskan waktu berkualitas dengan berbincang bersama keluarga atau sahabat terdekat juga tak ada salahnya untuk dilakukan.

  1. Jangan Tidur Terlalu Banyak

Banyak orang sering melakukan aktivitas yang satu ini. Namun bangun terlalu siang atau tidur siang terlalu lama juga memiliki banyak dampak negatif bagi diri Anda. Selain karena menjadikan Anda tidak produktif, hal ini juga bisa mengganggu pola tidur Anda. Intinya, sebisa mungkin Anda hanya tidur 2 hingga 3 jam lebih banyak di hari libur.

  1. Batasi Pekerjaan Rumah

Banyak orang tak menyadari bahwa melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, cuci piring, mencuci baju, berbelanja langsung ke pasar, dan sederet hal lain di akhir pekan sangatlah menyita waktu. Jika Anda mampu secara finansial, Anda bisa menggunakan jasa asisten rumah tangga atau laundry untuk melakukannya. Jadi, waktu Anda tak terbuang percuma dan bisa diisi untuk melakukan sederet aktivitas bermanfaat lainnya.

Kalo soal belanja kebutuhan, Anda bisa titipkan kebutuhan ke Titipku. Anda tinggal pesan produk-produk yang mau dibeli lewat aplikasi, bayar secara cashless, lalu tinggal tunggu Jatiper datang mengantarkan belanjaan. Uniknya, Anda bisa mengatur waktu pengantaran di Titipku, jadi Anda tidak perlu menunggu kurir datang di jam yang tidak tentu. Download aplikasinya di sini.

  1. Berolahraga

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh juga bisa dikatakan sebagai aktivitas produktif. Anda bisa melakukan banyak hal, mulai dari pergi ke gym, mengikuti kelas zumba, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Semuanya tak menyita waktu lama, kok. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan hari dengan sejumlah kegiatan penting lainnya.

  1. Lakukan Hobi

Sekali lagi: hidup tak hanya melulu soal pekerjaan. Anda amat disarankan untuk menemukan hobi lain yang tak berhubungan dengan pekerjaan seperti bermain musik, berkebun, membaca, memasak, melakukan kegiatan amal, dan sebagainya. Ini merupakan salah satu bentuk produktivitas yang bisa Anda lakukan di akhir pekan tanpa harus bekerja.

Tinggalkan Balasan