Hati-hati! 3 Hal Ini Bisa Timbulkan Jerawat Selama #DiRumahAja

Titipku – Memiliki kulit muka yang mulus dan bebas jerawat tidak hanya menjadi hal yang diinginkan oleh para perempuan saja, laki-laki pun menginginkan hal yang sama. Banyak hal dilakukan demi mendapatkan hal serupa, mulai dari membeli banyak produk perawatan kulit (skin care), perawatan di salon, berolahraga, hingga menghindari jenis makanan tertentu. 

Jerawat memang menjadi masalah bagi banyak orang, lebih-lebih jika muncul di area-area tertentu yang sangat terlihat dan mengganggu seperti di dahi atau di dagu. Meskipun pada dasarnya jerawat tidaklah berbahaya, tetap saja ia dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jerawat akan menjadi berbahaya jika ia dirawat dengan sembarang seperti memencet terlalu keras atau ditusuk dengan benda tajam seperti jarum. 

Biasanya, penyebab jerawat yang paling umum adalah muka yang kotor dan jarang dibersihkan. Biasanya dikarenakan sering bepergian ke luar rumah tanpa memakai masker atau tidak segera mencuci muka setelah bepergian. Meskipun begitu, ternyata jerawat juga dapat muncul meski kamu sedang #DiRumahAja lho! Apakah kamu juga mengalami hal serupa? Berikut beberapa faktor penyebab munculnya jerawat meskipun kamu tidak bepergian ke luar rumah.

Stress

Mungkin tidak semua orang tahu bahwa stress bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Hampir dua bulan #DiRumahAja tentu banyak membuat orang merasa bosan bahkan stress. Lalu, bagaimana kaitan stress dengan munculnya jerawat?

Dilansir dari fimela.com, ternyata sel-sel kulit kita memiliki reseptor atas hormon stress. Reseptor tersebut bereaksi saat sebum terbentuk. Sebum sendiri adalah kumpulan bakteri, sel kulit mati, debu, dan kotoran yang menutup pori-pori kulit. Ketika stress, kulit memproduksi lebih banyak sebum dan minyak kulit sehingga menimbulkan lebih banyak jerawat. Kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai selama di rumah untuk menghindari stress atau bosan. 

5 Manfaat dan Khasiat Green Tea untuk Wajah, Mampu Atasi Jerawat Membandel

Jam Tidur Yang Tidak Teratur

Melakukan semua aktifitas dari rumah, kamu tentu memiliki lebih banyak waktu luang. Akibatnya, kamu mungkin memiliki jam tidur yang tidak teratur karena terlalu banyak menghabiskan waktu luang. Di masa-masa pandemi ini, kekuatan internet dan media sosial menjadi semakin terasa.

Lebih banyak orang yang menghabiskan waktunya berjam-jam untuk streaming film atau serial TV favorit mereka atau sekadar berinteraksi di media sosial. Ketika kamu tidur terlalu larut, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Terlalu banyak hormon kortisol dapat menyebabkan kerusakan struktur dan fungsi kulit yang kemudian menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Asupan Makanan Yang Tidak Seimbang

Memiliki jam tidur yang tidak teratur biasanya berkaitan dengan pola makan yang tidak teratur juga.

Siapa yang belum pernah merasakan lapar di tengah malam ketika sedang begadang? Ditambah lagi, konsumsi nutrisi yang tidak seimbang karena mungkin bosan memakan makanan yang itu-itu saja atau terlalu banyak makan camilan juga dapat menyebabkan jerawat. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan berminyak untuk menghindari jerawat. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan air putih untuk menjaga kulit tetap sehat. 

Baca juga: 5 Langkah Perawatan Wajah #DiRumahAja

Untuk mendapatkan makanan sehat #DariRumah, kamu dapat menggunakan fitur baru Titipku yaitu Titip Belanja Apa Saja. Dengan deposit minimal Rp.50.000 kamu dapat berbelanja mulai dari sembako, sayur, buah, hingga daging di Pasar Beringharjo. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk unduh Titipku dan gunakan fitur barunya sekarang!

Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku dengan mencari produk yang kamu inginkan. Penjual produknya adalah UMKM lho!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung pe

Kacang Penyebab Jerawat?

 

Tinggalkan Balasan