Hindari Bahan-Bahan Ini saat Membuat Salad

Titipku – Selama pandemi belum berakhir, menjaga kesehatan tubuh tentu menjadi prioritas utama. Tidak hanya berolahraga, tetapi menjaga pola makan dan makan-makanan bergizi juga perlu dilakukan. Salad menjadi salah satu pilihan utama bagi banyak orang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Biasanya, salad terdiri dari berbagai jenis sayur-sayuran atau buah-buahan segar yang dimakan bersama-sama.

Selain untuk menjaga kesehatan, salad juga biasanya dimasukkan ke dalam menu diet untuk mengurangi kalori yang dikonsumsi tiap harinya. Akan tetapi, dengan menambahkan beberapa bahan berikut, alih-alih menjadi sehat, salad yang kamu konsumsi justru malah membuatmu tidak lagi bugar. Yuk, cek bahan-bahan apa saja yang membuat salad menjadi tidak sehat.

Roti Kering

Bagi sebagian orang, salad lebih nikmat disantap bersama dengan roti kering. Tetapi, tahukah kamu bahwa roti kering mengandung natrium yang cukup tinggi? Natrium jika dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan tekanan darah tinggi. Jika ingin menambahkan roti kering sebagai side dish ketika menyantap salad, perhatikan jumlah natrium yang kamu konsumsi setiap harinya. Makanan atau minuman kemasan biasanya juga mengandung natrium. Jangan sampai berlebihan, ya!

Keju

Salad kemasan yang umumnya dijual biasanya ditambahkan keju sebagai pemanis dan agar terlihat menggiurkan. Namun, ditambahkannya keju pada salad justru membuat salad tak lagi sehat. Walaupun ada banyak jenis keju, Keju mengandung lemak jenuh dan natrium. Terlalu banyak lemak jenuh dalam tubuh akan menambah berat badan dan berisiko mengalami penyakit obesitas, kolesterol, dan sebagainya.

Jika kamu sudah terbiasa menyantap salad dengan keju, carilah keju berbahan nabati yang tidak banyak mengandung lemak jenuh. Tujuan kamu makan salad adalah supaya sehat, bukan?

Mayonais

Baik salad buah maupun salad sayur hampir selalu menambahkan mayonais sebagai dressing. Sayangnya, mayonais mengadung kolesterol yang tinggi yang justru malah membuat saladmu menjadi tidak sehat. Meskipun sangat nikmat, usahakan untuk tidak menambahkan mayonais pada saladmu. Kamu bisa memilih salad dressing selain mayonais yang mengandung sedikit kalori dan sedikit lemak. 

Karena salad yang dijual dalam kemasan biasanya menambahkan keju dan mayonais, ada baiknya kamu membuat salad sendiri. Pilih sayur dan buah yang masih segar. Agar tidak bosan hanya makan salad tanpa dressing, kamu bisa menambahkan minyak zaitun atau cuka balsamic. 

#dirumahaja

Belanja kebutuhan sayur dan buahmu lebih mudah dan cepat lewat Aplikasi Titipku, lho. Tidak perlu repot keluar rumah lagi, cukup belanja lewat Titipku dan belanjaanmu akan diantar sampai rumah. Yuk, mulai belanja lewat Titipku sekarang!

 

Tinggalkan Balasan