Hindari Membeli Telur Busuk dengan Tips Berikut

Titipku – Telur merupakan salah satu sembilan bahan pokok (sembako) yang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk dijadikan lauk, tetapi juga sebagai bahan adonan membuat kue, bahkan masker kecantikan. Dari segi kandungan nutrisi, telur memang sangat baik dikonsumsi. Tidak heran banyak olahan-olahan makanan yang menggunakan telur sebagai bahan tambahan. 

Karena banyaknya permintaan telur, tidak sedikit penjual telur yang melakukan tindakan curang agar mendapat keuntungan lebih seperti dengan cara menjual telur yang sudah busuk. Kamu harus memperhatikan telur sebelum membeli, apalagi ketika membeli dalam jumlah yang banyak. Pastikan kamu tidak membeli telur busuk dengan tips berikut.

Sebelum Membeli

  • Hindari membeli telur yang sudah retak atau berlubang

Pastikan kamu tidak menemukan retakan pada telur yang kamu beli. Telur yang sudah retak menandakan isi telur yang sudah tidak lagi steril karena bakteri dan udara dapat masuk ke dalam telur sehingga dapat membuatnya busuk. 

  • Jangan membeli telur yang mengkilat atau berbintik 

Telur dengan cangkang mengkilat artinya telur yang sudah terlalu lama disimpan, sedangan telur yang berbintik menandakan adanya jamur pada isi telur. Telur dengan kualitas yang baik adalah telur dengan warna pekat dan cerah, bertekstur kasar, dan terdapat butiran-butiran putih pada cangkangnya. 

  • Perhatikan ukuran telur

Jangan lekas terbuai dengan telur yang terlihat lebih besar dari ukuran normal. Pilihlah telur dengan ukuran normal yang cenderung lebih aman dengan memperhatikan tips-tips sebelumnya. Telur yang kecil biasanya dihasilkan oleh ayam yang masih muda. Kuning telurnya tentu saja lebih kecil dari telur berukuran normal. 

Ketika Di Rumah

Ketika kamu sudah terlanjur membeli telur namun belum sempat mengecek apakah telurnya masih bagus atau tidak, kamu dapat melakukan cara lain yang lebih mudah. Cara ini juga bisa diterapkan ketika kamu terlupa menyimpan telur terlalu lama. 

  • Putar atau guncang telur perlahan

Letakkan telur di atas meja, lalu putar. Jika telur berputar sesuai dengan arah yang kamu putar, maka telur tersebut sudah dipastikan busuk. Kamu juga dapat mengguncang telur secara perlahan lalu dengarkan apakah terasa bergoncang dan bersuara. Jika iya, berarti telur tersebut sudah busuk. Telur yang terasa bergoncang saat diguncangkan atau dapat diputar menandakan isi telur yang sudah cair. Putih telur memiliki fungsi untuk melindungi kuning telur dari guncangan. 

  • Rendam dalam Air

Cara lain yang lebih mudah adalah dengna menenggelamkan telur dalam air. Cukup gunakan gelas berukuran sedang, isi dengan air, lalu letakkan telur ke dalam gelas. Telur yang sudah busuk akan mengapung sedangkan telur yang masih baik akan tenggelam dalam posisi tertidur.

#dirumahaja

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui tips-tips memilih telur yang baik. Jangan sampai kamu mengonsumsi atau membeli telur busuk ya! Kalau kamu ingin membeli telur via daring tapi takut dengan kualitasnya, kamu bisa belanja lewat Aplikasi Titipku lho. Telur-telur yang dijual merupakan hasil UMKM dan bekerja sama dengan Titipku. Jadi kualitasnya pasti terjamin deh.

Berikut ini ada beberapa UMKM penjual telur di Titipku

  1. Kelontongan Telor Kimfong https://titipku.page.link/FRa2
  2. Warung Kelontong Mania https://titipku.page.link/Uzb7
  3. Lapak Telur Pak Aziz Mustarof (Pasar Sukapura) https://titipku.page.link/qrXS

Yuk belanja lewat Titipku sekarang.

 

Tinggalkan Balasan