Ini Dia Cara Mengonsumsi Lemon Saat Puasa

Titipku – Siapa yang tidak kenal dengan Lemon? Buah kecil yang banyak manfaat ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengontrol berat badan. Bagi sebagian orang, mengonsumsi air lemon setiap pagi sudah menjadi rutinitas untuk mendapatkaan manfaat yang terkandung dalam lemon. Akan tetapi, bolehkah mengonsumsi air lemon saat berpuasa? 

Berpuasa selama kurang lebih 13 jam tentu membuat perut kosong dalam waktu yang cukup lama. Mengonsumsi air lemon dengan sembarangan selama puasa dapat meningkatkan asam lambung, alih-alih mendapat manfaat. Hal ini disebabkan karena pola makan yang berubah drastis ketika berpuasa. Energi yang digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari hanya didapatkan ketika sahur saja. Jika konsumsi makanan dan minuman saat sahur tidak diperhatikan, tubuh tidak akan memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas dan akan sakit jika dilanjutkan terus-menerus.

Baca juga: Lemon untuk Scrub

Saat terbaik untuk mengonsumsi air lemon adalah ketika berbuka karena setelah itu perut akan terisi dan tubuh tidak melakukan terlalu banyak aktivitas, tidak seperti saat siang hari. Namun, ada beberapa cara mengonsumsi lemon yang perlu diperhatikan.

Jangan Minum Air Lemon untuk Membatalkan Puasa

Yang perlu diingat, meskipun air lemon dapat menjadi salah satu menu berbuka puasa, air lemon tidak dianjurkan untuk membatalkan puasa. Perut yang dalam keadaan kosong kemudian mendapat asupan air lemon tentu akan memicu meningkatnya asam lambung. Kamu dapat meminum air lemon setelah meminum air putih atau kurma. Air lemon juga dikonsumsi tepat sebelum makan besar.

Minum setelah Berbuka untuk Menahan Nafsu Makan

Salah satu manfaat lemon yang paling dikenal adalah membantu mengontrol berat badan. Bukan berarti air lemon dapat membuatmu lebih kurus, tetapi air lemon dapat membantu mengontrol nafsu makan. Caranya adalah meminum air lemon 30-60 menit setelah berbuka. Antioksidan dan serat pektin yang terkandung dalam air lemon dapat membantu menahan nafsu makan yang berlebih, melancarkan pencernaan, serta membuang racun dalam tubuh. 

Jika Memiliki Riwayat Maag Kronis, Jangan Diminum Langsung

Seperti yang banyak dikenal, air lemon dapat meningkatkan asam lambung. Untuk orang-orang yang memiliki riwayat maag, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi air lemon saat berpuasa. Namun, jika kamu tetap ingin mengonsumsinya, kamu dapat menambahkan perasan lemon ke dalam menu berbuka puasa. Ditambahkan secukupnya saja ya!

Baca juga: Lemon untuk Wajah

Selama COVID-19, banyak pelaku UMKM yang terkena dampak. Kamu dapat membantu mereka dengan belanja #DariRumah lewat Aplikasi Titipku. Kebutuhan-kebutuhan yang kamu cari mulai dari sayur, sembako, hingga camilan untuk berbuka semuanya ada di Titipku. Yuk bantu UMKM Indonesia melawan COVID-19 dengan belanja lewat Titipku!

#DIRUMAHAJA

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi selama bulan puasa, kamu dapat berbelanja semua kebutuhanmu #DariRumah lewat Aplikasi Titipku. Dengan belanja lewat Titipku, kamu juga turut membantu UMKM Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.  Ada Jatiper juga yang siap membantumu untuk mendapatkan produk yang kamu butuhkan. Harga juga bisa lebih terjangkau dengan kualitas baik, karena dibeli dari UMKM lokal disekitarmu. Yuk mulai belanja #DariRumah lewat Titipku sekarang!

Caranya mudah, download aplikasi Titipku di Playstore dan mulai belanja #DariRumah lewat Titipku dengan mencari produk yang kamu inginkan. Penjual produknya adalah UMKM lho!

—–  Dengan kamu membeli dari UMKM Indonesia, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung perekonomian Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Tinggalkan Balasan