Ini Dia Pewarna Alami Makanan yang Aman dan Menyehatkan

Titipku- Warna dan cita rasa makanan akan mengundang selera tersendiri bagi setiap orang. Diantara pewarna makanan yang dapat digunakan untuk campuran bahan makanan, pewarna alami merupakan pewarna yang paling aman digunakan karena berasal dari tumbuh-tumbuhan. Pewarna dari tumbuhan ini biasanya terdapat pada daun, kulit pohon, akar, buah, dan bagian-bagian lainnya. Tumbuhan khususnya daun, mempunyai pigmen yang dapat bercampur dengan bahan-bahan lain sehingga warna daripada daun akan larut dalam makanan.

Cara pewarnaan dapat dilakukan melalui beberapa teknik seperti perebusan secara bersamaan, parutan yang ditambahkan sedikit air lalu disaring, atau bahkan pewarnaan secara langsung. Beberapa teknik tersebut bergantung pada jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan pewarna. Berikut bahan-bahan pewarna alami yang dapat kamu gunakan sebagai pewarna makanan tanpa khawatir ada bahan kimia yang mencampurinya.

  1. Secang
Sacang, Via Instagram Iras_ana

Tanaman satu ini biasa digunakan sebagai bahan campuran jamu tradisional. Sekilas kulit kayu ini memang biasa saja, namun begitu kamu merebusnya, baru keluarlah warna merah pekat pada tanaman satu ini. Kulit kayu secang dapat digunakan sebagai pewarna merah pada makanan dan minuman. 

2. Kunyit 
www.freepik.com

Rempah satu ini biasa digunakan untuk memberikan warna kuning pada makanan. Jika kamu ingin membuat tumpeng nasi kuning, kunyit bisa jadi pilihan terbaik dalam memberikan warna kuning pada nasi. Tidak hanya sebagai pewarna saja, tetapi kunyit juga bisa digunakan sebagai bumbu pada masakan. Kunyit hampir tidak pernah dilupakan dalam bumbu gulai ayam pada masakan tradisional. Warna dan aroma pada kunyit menjadi ciri khas dari kelezatan masakan tradisional satu ini.

3. Daun Suji
www.freepik.com

Bagi kamu yang ingin membuat tambahan warna hijau pada minuman, daun suji nampaknya bisa menjadi solusinya. Warna hijau yang pekat pada daun suji dapat dengan mudah larut dalam air. Jadi, tidak perlu khawatir untuk menggunakan bahan satu ini sebagai pilihan warna pada campuran es.

4. Ubi Ungu

www.freepik.com

Aneka jajanan pasar biasa diolah dengan tampilan yang menarik agar dapat menggiurkan selera konsumen. Warna ungu pada jajanan pasar dapat dibuat dengan mencampurkan ubi ungu pada makanan tersebut. Caranya mudah, cukup dengan menghaluskan ubi ungu lalu disaring. Air saringan dari ubi ungu dapat langsung dicampurkan dalam olahan makanan yang akan kamu buat.

Walaupun sekarang sudah banyak kita temui aneka pewarna alami instan yakni yang tersedia dalam kemasan, tetapi cita rasa dari masakan akan jauh berbeda dibandingkan dengan yang menggunakan bahan alami langsung. Bagaimanapun juga pada proses pembuatan hingga pengemasan bumbu-bumbu dan pewarna alami instant ini pasti menggunakan sentuhan bahan kimia sebagai pengawet daripada produk tersebut. Jadi, untuk kamu yang mau menikmati makanan sehat, pastikan kamu memakai bahan-bahan alami dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kamu.

Ayo wujudkan generasi sehat dengan mengurangi penggunaan bahan pewarna makanan yang terbuat dari bahan kimia! Jika kamu susah untuk mendapatkan barang pewarna alami diatas, kamu dapat memesan melalui Aplikasi Titipku. Aplikasi ini menyediakan bahan-bahan kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, fashion, kerajinan, dan barang-barang unik lainnya. Ayo pasang dan download aplikasi ini melalui Playstore di ponsel kamu dan dapatkan tawaran-tawaran menarik lainnya dari Titipku. Selamat berbelanja!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan