Jadi Begini 12 Rahasia Dapur Ala Warung Makan Terkenal

“Hmmm .. boleh dicoba.”

Titipku -Pernah kepikir nggak sih kenapa masakan yang dibeli di warung makan lebih enak ketimbang yang kamu masak sendiri? Selain karena memang skill yang dimiliki oleh tukang masak di warung makan sudah mumpuni?

Kenyataannya bagi yang sudah merasa berusaha keras untuk belajar memasak, entah kenapa selalu gagal dan tidak pernah puas dengan hasil masakannya. Kecuali kamu memang sudah cocok dengan masakanmu sendiri.

Sama halnya dengan mie instan bikinan Warmindo atau Burjo yang selalu mendapat perhatian lebih di hati pelanggannya, masakan ala warung makan tertentu juga punya rahasia kenapa pada masakannya selalu terasa nikmat di lidah. Berikut 12 rahasia masakan enak yang kami lansir dari hipwee.com

1. Gunakan bahan-bahan yang masih segar dan peralatan masak bersih dan berkualitas

Dua hal ini menjadi awalan yang baik untuk menciptakan masakan yang lezat.

Usahakan kamu pilih bahan-bahan masakan yang masih segar, jangan gunakan sisa-sisa yang ada di kulkas. Meski rasanya tidak akan jauh beda, penggunaan bahan segar ini mengasilkan rasa yang lebih maksimal, asupan gizinya juga tidak hilang.

Peralatan yang digunakan juga perlu diperhatian. Tidak harus baru kok, yang penting terawat dan rutin dibersihkan.

2. Meski tidak harus sama persis, kamu harus tetap membaca resep masakan dengan benar agar tidak salah keputusan saat mengganti bahan-bahannya.

Fokus pada detailnya, misal lama waktu memasak, cara memotong bahan, bahan-bahan dan alat masak apa saja yang digunakan. SebelumĀ  kamu mengurangi, mengganti atau menambah bahan-bahannya, baiknya baca lebih teliti dan cari tahu agar rasa masakan tidak melenceng jauh atau sesuai selera.

3. Panaskan wajan beberapa menit sebelum memasak

Usahakan gunakan ukuran yang sesuai agar matangnya merata. Gunakan api kecil untuk memanaskan wajan. Tunggu selama beberapa menit atau saat tanda-tanda wajan panas terlihat, baru kamu boleh memulai memasak. Wajan yang dipanaskan terlebih dahulu tidak akan membuat masakan lengket.

Sesuaikan juga ukuran wajan dengan bahan-bahan yang akan dimasak. Wajan yang sesak akan membuat panas terjebak di dasar sehingga tingkat kematangannya tidak sempurna.

4. Mulai dengan menumis bawang merah dan bumbu lainnya, terakhir tambahkan bawang putih

Trik ini sangat jarang diketahui orang lain. Selama ini banyak orang menumis bawang merah dan bawang putih sekaligus baru memasukkan bahan lainnya. Padahal menambahkan bawnag putih di sesi akhir mencegah bawang putih gosong dan menimbulkan rasa pahit pada masakan. Nah agar bawang cepat matang saat digoreng, tambah sedikit garam ke dalamnya.

5. Ibu-ibu warung makan bahkan koko profesinal sekalipun, lebih menggunakan garam laut daripada garam meja

Rasanya lebih enak. Bahan masakan satu ini menjadi bahan pokok dalam memasak. Untuk pemakaian di warung makan maupun restoran, garam yang diguakan biasanya garam laut atau garam dapur kotak karena akan mengekstrak rasa lebih maksimal. Selain itu kandungan yodiumnya pun lebih tinggi daripada garam meja.

6. Saat akan menumis sayuran, usahakan tiriskan sayuran basah dari tetesan air (bekas mencuci) karena akan merusak teksturnya.

Air sisa mencuci yang masuk ke wajan akan menimbulkan uap panas. Ini menyebabkan warna dan tekstur sayuran hijau jadi rusak. Minyak panas yang terkena air dingin juga akan menimbulkan percikan minyak.

Jika kamu tidak punya cukup waktu untuk meniriskan sayuran, paling tidak kibaskan sayuran beberapa kali sampai tidak ada lagi air yang menetes. Kemudian masak dua menit untuk hasil yang terbaik

7. Untuk menggorang, jangan masukkan bahan terlebih dahulu sebelum minyak benar-benar panas

Memasak di minyak yang masih dingin akan membuat masakan lebih berat dan berminyak. Selain itu juga membuat tingkat kematangan jadi tidak sempurna. Pastikan minyak benar-benar sudah panas, bisa dengan cara melepar sejumput bagian dari apapun yang akan dimasak, lalu lihat reaksi panasnya.

8. Untuk memasak ayam, begini triknya

Biasanya untuk menggantung daging selama 15 menit sebelum dipotong-potong. Tujuannya agar sarinya meresap ke seluruh daging. Penggantungan daging ini akan menghasilkan daging yang kuat, keras, dan lentur sehingga dapat degan mudah dipotong dan memasaknya.

Saat memasak, mulailah dari daging ayam yang berwarna lebih gelap karena matangnya lebih lama dibanding yang berwarna putih. Tujuannya agar ayam matang secara bersamaan.

9. Takaran bumbu dan rempah segar dengan yang kering berbeda. Jangan sampai rasanya gagal enak gegara salah takaran bumbu.

 

Bumbu dan rempah kering memiliki rasa yang lebih kuat dari bumbu dan rempah segar. Gunakan setengah dari takaran bumbu dan rempah segar yang tertulis dalam resep.

10. Bumbu dan rempah dalam bentuk bubuk lebih baik ditambahkan 10 hingga 20 menit sebelum disajikan

ini penting karena rasa dan aroma bumbu dan rempah bubuk dikeluarkan dengan lebih cepat.

11. Jika kamu menggunakan kecap, sebaiknya masukkan di akhir bukan di awal menumis karena tujuannya untuk melapisi masakan

12. Ada empat jenis bumbu pamungkas yang sebaiknya hanya ditambah ke dalam masakan setelah masakan siap. Bumbu-bumbu ini adalah garam, bawang putih bubuk, lada hitam dan cabai bubuk.

Setelah kamu mengetahui beberapa trik rahasia ini kamu bisa langsung praktekan untuk memasak. Selamat mencoba semoga enak yaa!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan