Wajib Nyicip! Ini Jajanan Khas Solo yang Enak

Berbicara soal Kota Solo memang tidak dapat dilepaskan dari wisata kuliner. Mulai dari pagi hingga malam, kota Solo masih menawarkan dan menjajakan banyak pilihan kuliner. Mungkin kamu sudah banyak membaca dan mencari rekomendasi tempat makan yang harus dicoba saat berkunjung ke Solo. Namun, sudahkah kamu mencoba jajanan untuk pengganjal perut khas dari Solo?

Solo tidak hanya terdiri dari tengkleng, gudeg ceker, ataupun nasi liwet. Solo juga mempunyai camilan khasnya yang tidak kalah enak dan harus kamu coba. Yuk intip apa saja jajanan khas Solo!

 

Serabi Solo

Kalau ini sudah tidak diragukan lagi. Serabi Solo memang punya daya tariknya sendiri. Bahkan di beberapa kota besar di Indonesia, Serabi Solo juga banyak ditawarkan. Meski begitu, tidak lengkap rasanya kalau tidak menikmati serabi langsung dari kota asalnya. Serabi terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak di atas anglo

Serabi yang paling terkenal di Solo adalah Serabi Notosuman. Rasa serabi yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari original, coklat, nanas, atau keju. Keunikan dari Serabi Notosuman adalah kamu bisa melihat sendiri proses memasak serabinya karena di masak di depan tokonya. Kamu bisa request serabi yang masih hangat lho!

Sate Kere

Asing dengan sate kere? Makanan ini merupakan salah satu jajanan pinggir jalan asli Solo. Keunikan dari sate ini adalah terbuat dari tempe gembus dan jeroan sapi. Kemudian, sate dimasak dengan bumbu bacem dan saus kacang yang pedas. Setelah matang, sate kere disajikan dengan saus kacang pedas, mirip seperti bumbu pecel. Karena bernama sate, tidak lengkap rasanya kalau tidak dimakan bersama lontong. Buat kamu yang doyan mencoba kuliner baru, harus banget nih nyobain sate kere asli Solo!

Intip Goreng

Sudah pernah makan rengginang? Bagaimana dengan intip? Ternyata kedua jenis camilan ini hampir mirip lho. Meskipun sama-sama terbuat dari nasi kering yang digoreng, intip lebih berasa karena sudah dibumbui dengan gula jawa, bawang putih, dan sedikit garam. Biasanya intip dijual dalam bentuk menyerupai cobek besar yang diplastik; ada yang rasa original ataupun manis. Sudah banyak orang luar kota Solo yang ketagihan untuk mengemil intip karena rasanya yang gurih.

Cabuk Rambak

Makanan unik lainnya adalah cabuk rambak. Jajanan ini tidak dapat kamu temui di kota-kota lain karena asli dari Solo. Cabuk rambak berisi ketupat beras yang diberi saus berbahan dasar wijen, kemiri, dan kelapa parut. Tidak lupa diberi rambak agar lebih renyah. Biasanya, jajanan ini dijual dalam bentuk pincukan daun pisang. Meskipun porsinya tidak seberapa, cabuk rambak sangat cocok untuk mengganjal perut sebelum menikmati hidangan berat khas Solo. 

 

Nah, itulah jajanan khas Solo yang patut dicoba. Ngomong-ngomong soal makanan khas daerah, saat ini kamu tidak perlu lagi bingung mencari oleh-oleh khas daerah tertentu. Semua mudah dicari dan dibeli lewat Aplikasi Titipku. Titipku menawarkan jajanan dan produksi UMKM asli Indonesia lho! Mumpung ada promo menarik nih jelang akhir bulan!

Pada 17 Februari 2021, akan ada promo Gratis Ongkir 100%. Bagi kamu yang ingin mendapatkannya, cukup masukkan kode promo ASIKGRATIS (Baca Syarat dan Ketentuannya di sini) di kolom promo saat checkout belanja. Kemudian, tanggal 18-19 Februari ada promo Diskon 50% tanpa minimal belanja (Baca Syarat dan Ketentuannya di sini)!  Caranya adalah dengan memasukkan kode promo ASIKDISKON di kolom promo.

Wah saatnya berburu camilan nih. Yuk segera unduh Aplikasi Titipku. 

Tinggalkan Balasan