Ini Dia Aneka Jenis Pisau, Masing-masing Beda Fungsi Lho!

Alat dapur kini kian beragam mengikuti kebutuhan rumah tangga yang serba praktis dan meringankan pekerjaan di dapur, tak terkecuali jenis pisau. Alat potong ini termasuk alat dapur yang paling penting dan selalu dipakai setiap harinya. Coba bayangkan di dapur tanpa ada pisau, kira-kira kita akan mengolah sayur dan daging sapi seperti apa ya? Tentunya akan sangat repot. 

Tahukah kamu, pisau dapur punya beragam jenis. Bahkan untuk memotong benda-benda kecil saja ada pisau khususnya. Setidaknya ada 5 jenis pisau dapur yang wajib kamu ketahui agar tidak salah dalam menggunakannya. 

 

  • Paring Knife atau Pisau Kupas

Bagi kamu yang ingin mengupas bawang merah, bawang putih, wortel, dan aneka buah pastikan kamu menggunakan pisau satu ini. Pisau ini didesain lebih kecil dari pisau kebanyakan dan mempunyai lengkungan tipis pada ujung pegangan. 

  • Slicing Knife atau Pisau  Fillet

Mengiris daging tipis memerlukan pisau yang tajam dan runcing. Slicing Knife adalah solusinya. Pisau ini memiliki bentuk lebih panjang dan runcing dibandingkan pisau lainnya. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengiris sayuran seperti tomat dan wortel.

  • Bread Knife atau Pisau Roti

Tidak semua pisau cocok digunakan untuk memotong roti, lo! Roti memiliki tekstur lebih empuk dibandingkan bahan-bahan masakan lain. Oleh karena itu, memotongnyapun menggunakan pisau khusus. Pisau roti ini tidak cukup tajam dan mata pisau didesain bergelombang/bergerigi. Sehingga, aman untuk digunakan.

  • Cleaver Knife atau Pisau Besar

Pisau satu ini mudah dikenali karena bentuknya yang beda sendiri. Cleaver knife memiliki bentuk yang cukup besar dan terlihat tajam. Pisau jenis ini biasa digunakan untuk memotong tulang dan bagian daging yang cukup keras.

  • Chef’s Knife atau Pisau Serba Guna

Terakhir, pisau serba guna atau seringkali disebut chef’s knife. Seperti namanya, pisau ini bisa digunakan untuk memotong apa saja. Termasuk sayur, buah, bahkan daging. 

Itu dia kelima jenis pisau yang mendasar untuk kamu ketahui. Kamu dapat membeli 1 set pisau langsung jika berbelanja ke pasar modern atau  tradisional.

Saat ini, kamu tidak perlu repot pergi ke pasar tradisional karena sudah  hadir jasa nitip dari Titipku. Bagi kamu para Nitipers, kamu dapat berbelanja cukup dengan aplikasi Titipku yang bisa kamu unduh di sini. Kebetulan, Februari ini Titipku punya banyak promo FEBRUASIK loh! Mulai dari diskon jajanan pasar, promo potongan ongkir, hingga promo diskon spesial Imlek ada semua. Asik banget kan! Cusss belanja pakai Titipku!

Tinggalkan Balasan