Kaldu Jamur Pengganti Micin yang Sama Lezatnya

Titipku – Hai Nitipers! Pasti kalian sudah tidak asing lagi kan dengan MSG atau micin? Ya! Penyedap rasa MSG memang tak bisa lepas dari kehidupan kita. Makanan yang kita buat sendiri atau jajan di luar pasti juga menggunakan MSG sebagai penambah rasanya. Tapi, adakah diantara kalian yang menggunakan kaldu jamur sebagai penyedap rasa?

Kaldu jamur adalah penyedap rasa yang dibuat menggunakan nutritional yeast. Nutritional yeast adalah spesies ragi yang dikenal sebagai saccharomyces cerevisiae. Jenis ini sama dengan yang digunakan untuk roti dan bir. Untuk menghasilkan kaldu jamur, ragi saccharomyces cerevisiae ditanam pada media yang mengandung gula tinggi selama beberapa hari.

Selanjutnya, ragi dinonaktifkan melalui panas, dipanen, dibersihkan, dikeringkan, dihancurkan, lalu dikemas dalam bentuk butiran. Kaldu ini memiliki rasa gurih sehingga cocok jika digunakan sebagai pengganti MSG.

Nilai plus-nya lagi, kaldu jamur punya keunggulan dalam hal nutrisi dan sejumlah manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. 

 

Kandungan Gizi dan Manfaat

Mengonsumsi kaldu jamur untuk dijadikan penyedap masakan ternyata sangat baik bagi kesehatan. Terdapat banyak kandungan gizi yang ada di dalamnya, semisal magnesium, nutrisi, kalsium, vitamin B12, B6, D, C, A, protein, karbohidrat, kalium, selenium dan lemak tak jenuh.

Disamping itu, kandungan protein yang cukup tinggi di kaldu jamur dapat membantu dalam membakar kolesterol. Berikut ini manfaat-manfaat yang terdapat di dalam kaldu jamur:

  • Dapat meningkatkan kualitas sel otak menjadi lebih baik karena terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap.
  • Menambahkan sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Hal ini disebabkan karena kaldu ini kaya akan nutrisi.
  • Kandungan asam amino yang terdapat di kaldu jamur dapat mengatasi insomnia dan kesulitan tidur.
  • Mencegah serta mengeluarkan racun yang ada di jaringan hati, sehingga dapat menangkal dari risiko penyakit hati.
  • Kaldu ini mengandung selenium yang dapat menangkal pertumbuhan kanker di dalam tubuh.
  • Dapat menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan vitamin D.

 

Bicara soal kaldu jamur, di aplikasi Titipku ada banyak pedagang yang menjual kaldu ini loh! Mulai dari yang mereknya terkenal seperti totole atau merek lain, semua tersedia. Selain belanjanya praktis, kamu juga bisa belanja lebih hemat karena ada promo ASIKDISKON!

Promo ASIKDISKON akan memberi kamu Diskon 50% tanpa minimal belanja. Limit diskon yang didapat adalah Rp50.000. Besar banget kan? Promo ASIKDISKON hanya berlaku dua hari, yakni dari 18 hingga 19 Februari 2021.  Jangan sia-siakan promo ini.

Download aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan