Kandungan Parfum dalam Skincare dan Make Up, Bagaimana Efeknya?

Titipku – Skincare menjadi barang wajib bagi perempuan dan laki-laki. Biasanya rangkaian skincare yang dipakai perempuan meliputi scrub, sabun cuci muka, toner, booster, face oil, serum, pelembab, dan sunscreen. Sementara skincare yang dipakai laki-laki cenderung lebih sederhana, seperti sabun cuci muka, pelembab, dan sunscreen saja. Meskipun demikian, pemakaian rangkaian skincare juga tidak bisa disamakan karena setiap jenis kulit, baik perempuan maupun laki-laki, membutuhkan perawatan yang berbeda. Kali ini, kita akan membahas kandungan parfum di dalam produk perawatan wajah.

Beberapa jenis produk seringkali menambahkan kandungan parfum di dalamnya, seperti pada sabun pencuci wajah, toner, dan pelembab. Tidak hanya pada skincare, beberapa produk make up juga menambahkan kandungan parfum di dalamnya. Dilansir dari editorial.femaledaily.com, penambahan parfum dalam produk skincare ataupun make up bertujuan untuk menyamarkan aroma asli produk. Selain itu, wewangian juga memberikan efek menenangkan bagi sebagian orang, misalnya saja aroma bunga mawar, aroma citrus, ataupun aroma lavender. Namun, tahukah kamu bahwa kandungan parfum dalam skincare dan make up juga menimbulkan efek pada kulit kita?

Menimbulkan Iritasi

Ada baiknya kamu harus memahami tipe kulitmu terlebih dahulu sebelum menentukan produk skincare dan make up yang ingin dipakai. Bagi pemilik kulit normal, berminyak, kering, maupun kombinasi, efek iritasi yang ditimbulkan ketika mencoba sebuah produk akan jauh lebih rendah, bahkan tidak berefek sama sekali, bila dibandingkan dengan pemilik kulit sensitif. Karena itu, perhatikan lebih detil ketika kamu memakai produk yang mengandung parfum. Coba oleskan produk pada bagian punggung tangan sebelum membelinya. Jika dalam beberapa jam menimbulkan rasa panas dan gatal, maka bisa jadi, kamu mempunyai tipe kulit sensitif.

Nah, jika sudah tahu tipe kulitmu, sebaiknya kamu tidak memilih produk skincare maupun make up yang mengandung parfum. Rasa gatal dan panas hanyalah sebagian kecil efek yang timbul saat mengaplikasikan produk berparfum. Iritasi akan bisa menjadi semakin parah kalau kamu meneruskan pemakaiannya, seperti kulit menjadi kemerahan, mengelupas, bahkan timbul jerawat. Ini akan semakin berbahaya jika iritasi kian berlanjut sampai menimbulkan peradangan dan gangguan pernapasan. Menyeramkan, kan?

Tips Memilih Skincare dan Make Up

Seperti penjelasan sebelumnya, hal paling penting kalau kamu ingin mencoba sebuah produk skincare ataupun make up yaitu mengetahui jenis kulitmu sendiri. Jangan terburu-buru langsung membeli produk kalau kamu belum melihat semua kandungan di dalam daftar komposisinya dan mencobanya ke punggung kulit tanganmu. Tunggu reaksi pada kulitmu selama beberapa jam. Kalau tidak ada respon negatif, barulah kamu bisa membelinya.

Sebenarnya, kandungan pewangi dalam skincare dan make up tidak selalu berasal dari bahan kimia. Dikutip dari journal.sociolla.com, jika kamu menikmati wewangian di dalam produk perawatan wajahmu, pilihlah yang mengandung pewangi alami. Dampak iritasi yang ditimbulkan biasanya lebih rendah daripada pewangi berbahan kimia. Beberapa di antaranya yaitu vanila, cocoa butter, buah citrus, ekstrak bunga mawar, lavender oil, peppermint, dan kayu manis. Istilah lain yang mengacu pada komposisi parfum adalah limonene- (campuran buah-buahan citrus dan daun-daunan jenis pinus dan mint), linalool- (campuran lavender dan ketumbar), dan citronellol- (ekstrak tumbuhan dan bunga-bungaan).

#dirumahaja

Meskipun produk skincare dan make up dengan aroma favoritmu membuat rasa menyenangkan ketika memakainya, tetapi kalau justru menimbulkan efek negatif pada kulitmu, sebaiknya dihindari saja. Masih ada banyak produk yang perfume-free sehingga lebih aman untuk pemilik kulit sensitif sepertimu. Tahukah kamu, di aplikasi Titipku kamu bisa memesan beragam keperluan perawatan dan kecantikan kulit, lho! Kamu bisa mengaksesnya secara mudah #DariRumah. Semua pesananmu akan diantar langsung dengan aman, jadi kamu tak perlu khawatir. Tunggu apa lagi, pesan produk favoritmu di Titipku sekarang juga!

 

Tinggalkan Balasan