Keep Calm,  Ini Dia 4 Obat Alami Untuk Meredakan Perut Melilit

Titipku – Sakit perut seperti perut melilit, nyeri atau kram sering datang tiba-tiba. Tapi penyebabnya cukup umum. Diantaranya seperti salah makan, terlalu banyak makan makanan pedas, keracunan makanan, atau gangguan pencernaan.

Penjelasan medianya, sakit perut sering dipicu oleh gangguan pada organ dalam perut yaitu lambung, empedu, hati, pankreas, usus, limpa, dan ginjal. Gangguannya bisa bermacam-macam seperti peradangan, penyumbatan, hingga infeksi.

Teknik untuk mengatasi sakit perut bisa berbeda-beda tiap orangnya. Satu cara berhasil tapi belum tentu berhasil untuk yang lain. Berikut kami rekomendasikan beberapa obat sakit perut yang tergolong alami. Semoga bisa membantu dan menjadi alternatif saat sakit perut mendadak datang.

Yuk simak 4 obat alami pereda perut melilit!

 

  • Daun Mint

 

Sedikit usaha untuk mendapatkan daun ini. Tapi daun ini memang memiliki khasiat sebagai obat ketika terjadi masalah pada perut. Daun mint memiliki kandungan mentol yang berperan sebagai analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa perih di perut dan mengurangi mual.

Nah, tentu pernah mendengar jika teh mint, baik dikonsumsi ketika perut mual. Kandungan mentollah, kuncinya. Ketika perut melilit, cukup seduh daun mint dengan air sesuai kebutuhan. Satu gelas cukup. Kemudian minum air seduhan daun mint itu, selagi masih hangat. Teh mint hangat, juga bisa diminum untuk meredakan perut melilit lho.  

Cara lainnya, bisa mengisap perment mint atau mengunyah daun mint secara langsung.

 

 

  • Jahe

 

Ini yang mudah dicari. Salah satu bumbu yang selalu ada di dapur. Selain sebagai bumbu masakan, ternyata jahe termasuk ke dalam bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi beberapa jenis sakit perut. 

Pada zaman kuno, rempah yang satu ini digunakan sebagai penangkal mual dan dipercaya mengandung anti peradangan alami. Untuk mengatasi sakit perut, caranya mudah. Campurkan beberapa potong jahe segar dengan secangkir teh hangat. Bisa juga dikunyah secara langsung, dengan catatan harus bisa menahan rasa “pedas”nya jahe. 

Tapi saat ini, sudah banyak produk suplemen yang mengandung jahe. Jadi, lebih mudah untuk dikonsumsi.

 

 

  • Cuka Sari Apel

 

Cuka sari apel ternyata bisa dikonsumsi untuk menetralkan sakit perut. Apabila tidak suka dengan rasa asam yang terlalu pekat, campurkan satu sendok cuka sari apel dengan air putih dan satu sendok teh madu. Lalu minum secara perlahan. 

Khasiat cuka sari apel ini yang bisa menyembuhkan sakit perut ini, karena bisa mengatasi kondisi kelebihan pati (karbohidrat kompleks yang tidak larut dengan air) dan membantu proses pencernaannya. Dengan begitu, pati bisa lebih cepat sampai ke usus sekaligus menjaga keberadaan bakteri sehat di dalam usus.

 

 

  • BRAT

 

BRAT berasal dari singkatan Banana, Rice, Apple Sauce, Toast atau Pisang, Nasi, Saus Apel, dan Roti Panggang. Makanan-makanan tersebut, bisa berguna untuk membantu menenangkan perut yang mual ataupun diare. 

BRAT tergolong ke dalam makanan yang rendah serat, tapi kaya akan zat pengikat dan rendah kandungan garam. Untuk rasanya, mungkin terasa hambar. Tapi akan sangat berguna ketika seseorang mengalami perut melilit.

Itulah beberapa makanan untuk membantu meredakan sakit perut. Supaya efektif saat menggunakan salah satunya, tentu harus menghindari kegiatan yang bisa memicu sakit perut. Tak lupa, makan dengan porsi wajar tak perlu berlebihan.

Mudah dicari juga bukan?

Yang pasti ada disekitar kita. Jikalau tak sempat keluar untuk membeli di luar karena perut terlalu melilit, kamu bisa banget titip beli melalui aplikasi Titipku. Sekarang aplikasi Titipku sudah memiliki fitur yang memudahkanmu, lho!

Kamu bisa setting lokasi jelajah UMKM yang berisi warung-warung mana saja yang dekat dengan keberadaanmu. Dengan begitu, Jatiper juga bisa lebih cepat untuk mendapatkan produk titipanmu. Apalagi ketika buru-buru mencari jahe tapi perut melilit sudah tak tertahankan lagi. 

Ayo belanja di Titipku dan dapatkan Gratis Ongkir hingga Rp20.000,- selama bulan April 2020!

Rewrite: aladokter.com

Tinggalkan Balasan