Kenali Aneka Macam Jenis Alpukat. Favorit Moms yang Mana?

alpukat, avocado, jenis alpukat, perbedaan alpukat, ciri alpukat, alpukat mentega, alpukat wina, alpukat aligator

alpukat, avocado, jenis alpukat, perbedaan alpukat, ciri alpukat, alpukat mentega, alpukat wina, alpukat aligator

Pernah sok ide makan sehat roti gandum dengan isian alpukat yang ditaburi merica? Gimana rasanya? Apakah Moms gak doyan? Kalau begitu: sama.

MinTip juga pernah mendapat resep sarapan sehat dengan alpukat yang dicampur merica dan garam, namun setelah dua kali suapan, makanan itu harus berakhir di bak sampah.

Setelah MinTip telusuri, barangkali MinTip yang salah memilih jenis alpukat untuk dijadikan menu sarapan tersebut.

Melansir dari Idn Times, setidaknya ada 9 jenis alpukat yang populer. Nah, Moms sendiri pernah nyobain berapa jenis? Tulis di kolom komentar ya!

Buat Moms yang masih bingung sama jenis-jenis dan perbedaan masing-masing alpukat, berikut ini ulasannya!

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Sering Makan Alpukat Bikin Gemuk?

  1. Alpukat Mentega

alpukat, avocado, jenis alpukat, perbedaan alpukat, ciri alpukat, alpukat mentega, alpukat wina, alpukat aligator

Alpukat mentega merupakan jenis alpukat yang paling mudah dijumpai di pasar. Alpukat jenis ini punya ciri khas permukaan kulit yang mulus, daging buahnya tebal, teksturnya kenyal, dan rasanya lebih gurih. Daging buah alpukat mentega biasanya tak berserat, sehingga cocok untuk dibuat jus atau smoothies, atau dimakan langsung.

Mau beli alpukat mentega? Di Titipku ada! Ada promo gratis ongkir untuk tiap pembelanjaan minimal Rp150.000,- spesial untuk Anda. Mau? Unduh aplikasi Titipku sekarang di Google Playstore atau Apple Appstore.

  1. Alpukat Wina

Alpukat wina merupakan jenis alpukat ungulan. Ukurannya lebih besar dan beratnya bisa mencapai 2 kilogram per buah.

Daging alpukat wina tebal dengan tekstur lembut dan rasa yang gurih. Keunggulan lain dari jenis ini adalah mampu bertahan hingga 15 hari setelah dipetik.

  1. Alpukat Kendil

Alpukat kendil juga merupakan jenis alpukat unggulan selain alpukat wina. Ukurannya besar, berbobot 2 kilogram per buah, dan dengan bentuk menyerupai kendil.

Ciri khas alpukat kendil adalah daging buahnya tebal dengan biji yang kecil. Tekstur dagingnya pun lembut, pulen, dan manis.

  1. Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan jenis alpukat dengan ukuran kecil. Beratnya hanya sekitar 300 gram per buah, dengan kulit berwarna hijau tua mengilap.

Meski kecil, daging buah alpukat miki terbilang tebal dengan tekstur lembut. Selain itu, kulitnya cenderung keras, sehingga susah ditembus hama.

  1. Alpukat Pluwang

Alpukat pluwang bentuknya seperti alpukat kendil, tetapi ukurannya lebih panjang. Ukuran jenis ini terbilang besar dengan bobot bisa mencapai 2 kg per buah. Tekstur daging buahnya padat, lembut, dan pulen. Jenis buah ini rasanya gurih dan sedikit manis. Selain itu, buahnya juga tidak mudah terserang ulat dan membusuk.

  1. Alpukat Tanpa Biji

Jenis alpukat ini merupakan alpukat tanpa biji. Lalu apa keuntungannya? Tentu saja volume buah yang lebih banyak karena tidak ada biji besar di dalamnya.

Moms pernah melihat produk yang satu ini belum? Tulis di kolom komentar ya!

  1. Alpukat Hass

Alpukat hass juga merupakan jenis alpukat unggulan yang punya ciri khas kulitnya yang kasar dengan warna yang gelap saat sudah matang.

Bentuk buahnya lebih bulat dengan warna daging kuning cerah di dalamnya. Alpukat hass rasanya paling enak dibanding jenis alpukat lainnya. Dagingnya sangat manis dan pulen.

Akan tetapi, alpukat jenis ini memiliki harga yang sangat mahal. Jika Anda sangat penasaran dengan jenis satu ini, mungkin cara paling bijak adalah dengan menunggu promo yang ada di aplikasi belanja daring.

  1. Alpukat Leher Panjang

Alpukat leher panjang atau long neck avocado merupakan jenis alpukat yang tumbuh di South Florida, Amerika Serikat.

Bentuk alpukat ini terbilang unik, karena memanjang bak leher jerapah dengan daging buah berwarna hijau kekuningan layaknya alpukat mentega. Dagingnya juga lebih banyak dengan warna kekuningan.

  1. Alpukat Aligator

Alpukat aligator berbentuk bulat, dengan salah satu ujung yang memanjang, persis seperti kepala aligator. Alpukat jenis ini dagingnya tebal, teksturnya lembut, tanpa serat, dengan rasa yang manis.

Baca Juga: Alpukat Kocok, Depokat Ini Jadi Solusi Gerahmu!

Tinggalkan Balasan