Kreasikan Limbah Botol Plastik dengan Ide Berikut

Limbah plastik, mulai dari plastik kemasan snack hingga limbah botol plastik sangatlah banyak dan mudah ditemui di Indonesia. Hal ini wajar mengingat penggunaan plastik di Indonesia masih sangat tinggi. Mulai dari kantong plastik untuk belanja hingga botol plastik, semua produk itu sudah sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Meskipun upaya untuk mengurangi limbah plastik sudah banyak dikampanyekan, nampaknya belum mencapai tahap yang signifikan. 

Nah bagi kamu yang ingin membantu membersihkan lingkungan dari limbah plastik, bisa banget dengan mengurangi penggunaan plastik. Selain mengurangi penggunaan plastik, kamu juga dapat membantu lingkungan dengan mendaur ulang plastik yang ada di rumah. Misalnya limbah botol plastik, kamu bisa mendaur ulang limbah botol plastik dengan ide-ide berikut ini:

 

Pot Gantung

Hobi berkebun tapi kekurangan pot? Gampang, gunakan saja botol plastik bekas minum! Tentunya, ukuran pot juga menyesuaikan ukuran botol plastik. Jadi, gunakan tanaman hias yang kira-kira tidak akan tumbuh terlalu besar dan muat di botol plastik yang kamu gunakan ya. Cara membuatnya cukup mudah, potong bagian bawah botol, lalu tambahkan tali agar dapat digantung. Agar tidak terlihat polos, kamu bisa melukisnya dengan cat sesuai kreativitasmu. Pot ini bisa digunakan untuk menghias kamar atau ruang tamu! 

Tempat Alat Tulis

Dengan cara yang sama, kamu juga bisa menjadikan bagian bawah botol plastik menjadi tempat pensil juga. Cocok banget nih buat kamu yang punya banyak peralatan kantor atau menggambar. Kamu bisa menambahkan busa ke dalam botol plastik tadi sebagai pemberat agar tidak mudah jatuh. Jangan lupa juga untuk menghiasnya agar lebih menarik. 

Celengan

Punya anak kecil di rumah dan ingin mengajarkan menabung sejak dini? Buat aja celengan dari botol plastik bekas! Selain mengajarkan menabung, kamu juga mengajarkan untuk mendaur ulang sampah plastik! Caranya mudah, jika botol plastik terlalu panjang, potong botol menjadi tiga bagian: atas tengah, dan bawah. Buang bagian tengah, lalu rekatkan bagian atas botol dan bagian bawah menggunakan lakban agar tidak lepas. Selotip tutup botol agar tidak mudah dibuka. Terakhir, buat lubang seperti celengan di bagian sisi botol. Agar anak lebih rajin menabung, hias dan lukis celengan tadi sesuai keinginan si anak ya!

Pot Kebun Vertikal

Ingin berkebun tapi tidak punya lahan? Buat kebun vertikal solusinya. Semakin banyak hunian, tentu semakin sedikit lahan yang tersisa. Untuk itu, kamu bisa banget membuat kebunmu sendiri menggunakan limbah plastik. Caranya, telentangkan botol plastik, lalu iris bagian atasnya, kurang lebih 1/3 dari bagian botol. Tempelkan di dinding rumah yang ingin kamu jadikan kebun menggunakan paku payung agar tidak mudah jatuh. Isi dengan tanah, pupuk, dan tanaman kesukaanmu. Gampang banget, kan? Rumahmu bisa terlihat semakin indah dan asri. 

 

Sambil berkreasi dengan limbah botol plastik, kamu juga bisa belanja juga lewat aplikasi Titipku. Gak perlu capek dan repot keluar rumah di masa pandemi dan musim hujan ini. Cukup unduh Aplikasi Titipku dan mulai belanja di pasar terdekat dari rumah kamu. Ada banyak promo selama bulan Februari lho!

Tinggalkan Balasan