Kurangi Plastik, Selamatkan Lingkungan

Titipku – Penggunaan plastik dalam kebutuhan rumah tangga hampir tidak dapat dihindari bagi banyak keluarga. Plastik yang ringan, efisien, ekonomis, dan sekali pakai tentu menjadi pilihan bagi industri dan kebutuhan rumah tangga. Namun, dibalik keuntungan tersebut, limbah plastik menjadi tidak terkendali. Kemampuan negara kita untuk mendaur ulang limbah plastik tidak sebanding dengan banyaknya plastik yang digunakan setiap hari. Akibatnya, lingkungan pun tercemar, dari daratan sampai lautan oleh limbah plastik. Sudah banyak kampanye untuk berhenti menggunakan plastik yang digalakkan, seperti menggunakan sedotan stainless daripada menggunakan sedotan plastik yang sekali pakai.

Nah, kamu juga bisa ikut membantu untuk berhenti menggunakan plastik dimulai dari rumah lho! Yuk simak caranya.

Bawa Tas Belanja

Kamu pasti sering mendapati pertanyaan “pakai plastik atau tidak?” jika berbelanja di supermarket atau minimarket di sekitar rumahmu. Kalau memilih menggunakan plastik, akan dikenakan biaya tambahan. Regulasi plastik ini diterapkan dengan harapan masyarakat berhenti menggunakan plastik karena harus membayar 200 perak. Namun, apalah arti membayar dengan jumlah yang sangat kecil dibandingkan “keuntungan” menggunakan plastik. Masyarakat masih banyak yang tetap memilih untuk membayar demi menggunakan kantong plastik.

Namun, bukan berarti dengan regulasi tersebut penggunaan plastik tidak berkurang. Sekarang setidaknya kamu pasti pernah menjumpai pelanggan yang berbelanja dengan membawa kantong belanja atau kardus sendiri untuk menghindari penggunaan plastik. Kamu juga bisa menjadi bagian dari mereka dengan melakukan hal yang sama. 

Meskipun terlihat sederhana, setidaknya kamu mengurangi penggunaan plastik setiap harinya. Jika kamu terus lakukan setiap hari, pasti sudah banyak jumlah plastik yang berkurang yang juga berdampak pada lingkungan.

Batasi Membeli Makanan atau Minuman Kemasan Plastik

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka membeli minuman botol kemasan plastik, ada baiknya untuk menggunakan botol minum yang kamu bawa dari rumah. Harga 1 botol air mineral kemasan memang tidak seberapa, tapi limbah yang disisakan pasti merusak lingkungan. Sebaiknya kamu membawa tumblr sendiri yang isinya air putih atau teh sesuai selera. 

Untuk makanan kemasan juga sebaiknya menerapkan hal yang sama. Membawa bekal dari rumah menggunakan tempat kaca atau tumblr yang kamu siapkan sendiri bukanlah ide yang buruk. Meskipun akan menambah barang bawaan, setidaknya kamu berkontribusi untuk melestarikan lingkungan.

Daur Ulang

Dalam mengurangi penggunaan plastik, kamu bisa menerapkan 3R (reduce, reuse, recycle) atau mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang. Kalau kamu punya banyak botol-botol kemasan plastik yang sudah tidak terpakai, lebih baik didaur ulang menjadi barang yang lebih fungsional daripada dibuang ke tempat sampah. Misalnya saja, botol minuman kemasan yang kamu beli bisa kamu daur ulang menjadi pot tanaman hias di rumah. Selain menjadi barang lain yang lebih berguna, kamu juga mempunyai hobi dan kesibukan baru. 

#dirumahaja

Sambil daur ulang limbah plastik, enaknya sambil cari kebutuhan dapur juga di Aplikasi Titipku. Gak perlu repot keluar rumah lagi karena barang belanjaan akan diantar sampai rumah! Penasaran? Download Titipku di PlayStore sekarang.

Tinggalkan Balasan