Kuliner Khas Solo dari Pagi Hingga Malam

Kota Solo dikenal dengan slogannya “The Spirit of Java”. Dibandingkan dengan Kota Yogyakarta, tentu Kota Solo bisa dikatakan bersaing di segi pariwisata dan kekayaan kulinernya. Mulai dari siang hingga malam hari, Solo menawarkan makanan yang layak kamu coba. Bagi masyarakat setempat, Solo lebih dikenal dengan julukan “kota yang tak pernah tidur”. Hal ini disebabkan aktivitas warga Solo tidak berhenti pada malam hari. Ada beberapa kuliner tertentu yang hanya dapat kamu temukan pada jam-jam malam hingga dini hari. Yuk cobain kuliner khas Solo berikut ini!

 

Selat Vien’s

Untuk pagi hingga siang hari, kamu bisa mengunjungi Selat Vien’s. Lokasinya cukup strategis karena berdekatan dengan Stasiun Solo Balapan. Kalau kamu dari Jogja naik KRL, cukup keluar dari stasiun dan berjalan ke arah barat sekitar 10 menit. Menu yang ditawarkan di Selat Vien’s tentu saja menu khas dari Solo seperti Selat daging, Sup Matahari, dan Stup Makaroni. Untuk minumannya mulai dari es teh, jus, hingga jamu tradisional lho! Selat Vien’s buka dari pukul 7.30 pagi hingga 5 sore. Wah bisa banget untuk sarapan nih.

Tengkleng Bu Edi

Sudah sarapan, saatnya makan siang. Kamu bisa berkunjung ke Tengkleng Bu Edi. Lokasinya terletak di daerah Pasar Klewer. Cocok banget kan? Habis makan siang lalu lanjut belanja pakaian di pasar Klewer yang terkenal murahnya. Untuk kamu yang belum tahu, tengkleng adalah masakan yang menggunakan bahan utama tulang kambing. Secara fisik, tengkleng mirip dengan gulai kambing namun dengan kuah yang lebih encer. Khas dari Tengkleng Bu Edi adalah disajikan dengan “pincukan”, tidak menggunakan mangkok atau piring. Tengkleng Bu Edi buka dari pukul 12 siang hingga 3.30 sore.

Baca Juga: Wajib Nyicip! Ini Jajanan Khas Solo yang Enak

Nasi Liwet Yu Sani

Beranjak ke jam-jam sore, ada Nasi Liwet Yu Sani di daerah Pasar Gemblegan. Nasi Liwet merupakan salah satu kuliner khas Solo. Memasak nasi liwet mirip dengan nasi uduk, yaitu ditambahkan kelapa, namun disajikan dengan sayur labu siam, ayam yang disuwir, dan areh. Biasanya juga ditambahkan telur rebus sebagai tambahan. Biasanya, masyarakat Solo memakan nasi liwet saat pagi hari untuk sarapan. Namun, nasi liwet tidak terbatas dikonsumsi dan dijajakan pada pagi hari saja. Nasi liwet tetap enak dinikmati pada pukul berapapun. Nasi Liwet Yu Sani buka mulai pukul 5 sore hingga 11 malam. 

Gudeg Ceker Bu Kasno

Nah, ini adalah kuliner malam khas Solo, yaitu Gudeg Ceker. Yang menjadikan gudeg ceker istimewa adalah disajikan hanya saat malam hari saja dengan lauk utama yaitu ceker (kaki ayam). Gudeg Ceker Bu Kasno berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi, Margoyudan. Kamu dapat berkunjung ke tempat ini mulai pukul 2 dini hari hingga pukul 7 pagi. Namun harus bersiap-siap dengan antrean yang panjang ya!

 

Gimana nih? Sudah menentukan kapan akan berkunjung ke tempat-tempat tersebut? Pulangnya jangan lupa beli oleh-oleh khas Solo ya! Agar lebih mudah belanja oleh-oleh dan cinderamata, pastinya lewat Aplikasi Titipku aja. Mulai dari cemilan hingga cinderamata, semuanya bisa belanja lewat Titipku. Menariknya lagi, dua hari ini ada promo ASIKDISKON yang bakal kasih potongan 50%! Promo khusus berlaku dari Tanggal 17 hingga 18 Februari 2021.

Yuk segera unduh aplikasi Titipku dan mulai belanja sekarang! 

Tinggalkan Balasan