Kurangi Konsumsi Kol Goreng, Hindari Bahaya Ini

Titipku – Lalapan sudah menjadi pasangan jika kita makan pecel lele atau warung penyetan. Mulai di pinggir jalan, sampai rumah makan besar pun pasti menyediakan lalapan jika kamu memesan ikan atau ayam goreng. Di Jawa Barat, lalapan bahkan selalu disediakan terlepas lauk apa yang kamu pesan. Lalapan umumnya berisi sayur-sayuran seperti mentimun, kol, dan kemangi. Kadang-kadang kacang panjang dan tauge ditambahkan sebagai varian lalapan. Nah, terkadang beberapa orang meminta kol dalam lalapan agar digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan. Bagi mereka, kol goreng lebih nikmat jika disantap bersama dengan ikan atau ayam plus sambal. 

Padahal, kol goreng, meskipun sangat nikmat, jika dikonsumsi sembarangan dapat membahayakan kesehatan tubuh lho. Sayuran sebenarnya tidak dianjurkan untuk diolah dalam suhu yang sangat tinggi karena dapat merusak kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Yuk ketahui bahaya lain dari kol goreng.

Menyerap Minyak Berlebih

Lebih dari 90% bagian kol mengandung air. Sehingga, jika digoreng ia akan menyerap minyak terlalu banyak. Bayangkan jika kol digoreng dengan menggunakan minyak jelantah (minyak bekas pakai terlalu lama), kamu akan mengonsumsi terlalu banyak minyak meskipun hanya makan sedikit kol goreng. Sebisa mungkin hindari makan kol goreng yang diproses menggunakan minyak jelantah, atau kamu bisa menggoreng sendiri supaya lebih aman.

Kolesterol

Terlalu banyak minyak yang dikonsumsi akan memicu kolesterol dan berbagai penyakit lain yang berkaitan seperti darah tinggi dan penyakit kardiovaskular. Jika kamu memiliki kolesterol yang tinggi, hindari makan kol goreng. Hitung jumlah kolesterol yang kamu konsumsi setiap hari jika kamu ingin sesekali menikmati kol goreng. 

Merusak Kandungan Nutrisi

Sayuran memang sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan segar. Jika diolah atau diproses terlalu lama, kandungan nutrisi dan gizi dalam sayuran akan rusak. Mengolah sayuran yang tepat adalah dengan direbus atau ditumis. Sayuran masih tetap segar dan kandungan nutrisi masih tetap terjaga. Menggoreng akan merusak nutrisi dalam sayuran karena terpapar suhu yang sangat tinggi. 

Belanja sayuran #darirumah bisa banget lho lewat Titipku. Gak perlu repot-repot keluar rumah. Cukup unduh Aplikasi Titipku dan belanja di pasar-pasar terdekat dengan fitur Titip Belanja Apa Saja dari Titipku. Yuk #dirumah aja dan #StaySafe bersama Titipku!

 

Tinggalkan Balasan