Makanan Berlemak Bikin Sehat? Kok Bisa?!

makanan berlemak, lemak, lemak baik, makanan mengandung lemak baik

 

makanan berlemak, lemak, lemak baik, makanan mengandung lemak baik

Saat mendengar makanan berlemak, kita tentu merasa insecure. Bagaimana tidak, kandungan lemak ini berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tak hanya berpotensi menyebabkan obesitas, lemak juga bisa menjadi penyebab penyakit serius seperti stroke. Hingga, pada akhirnya, orang memilih untuk menghindari kandungan makanan satu ini.

Padahal, makanan berlemak ada yang bisa bikin sehat loh! Kok bisa? Simak informasi dari Klikdokter.com berikut ini yuk.

 

Dark Chocolate

Selain dapat meningkatkan suasana hati, dark chocolate atau cokelat hitam juga menjadi makanan tinggi lemak baik yang bermanfaat untuk tubuh. Penelitian menemukan, orang yang mengonsumsi dark chocolate lima kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Disebutkan pula bahwa konsumsi 30 gram dark chocolate dapat memberikan Anda 9 gram lemak baik.

Alpukat

Alpukat memang dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh paling baik dibanding jenis buah lainnya. Lemak tidak jenuh dalam alpukat juga dipercaya baik untuk menaikkan berat badan janin saat masih di dalam kandungan. Berbeda dengan buah lain yang kaya karbohidrat, alpukat justru tinggi kandungan lemak (77 persen). Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, dijadikan jus, atau dimakan dengan menggunakan roti.

Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan salmon, sarden, dan tuna merupakan sumberĀ  lemak tak jenuh yang baik. Asam lemak omega-3 dalam ikan dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung serta kesehatan otak, termasuk bagi para lansia.

Sayuran Hijau

Tidak diragukan lagi bahwa sayuran memang menjadi jenis makanan yang paling sehat untuk manusia. Selain mengandung lemak tidak jenuh, sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kangkung juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung dan otak. Usahakan untuk mengonsumsi dua hingga tiga mangkuk sayuran setiap hari agar nutrisi tubuh dapat terpenuhi secara maksimal.

Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil banyak digunakan dalam diet Mediterania. Minyak ini kaya akan lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan vitamin E, K, dan antioksidan. Minyak zaitun juga telah terbukti dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan risiko penyakit jantung.

*****

Nah itulah beberapa makanan yang mengandung lemak baik. Tapi ingat, makan secara berlebihan juga pada akhirnya akan berdampak buruk, jadi tetap jaga porsinya ya! Nah jika Anda butuh beli minyak zaitun sayur, ikan, atau alpukat, cusss langsung beli #DariRumah aja pakai Titipku. Lagi ada banyak promo nih! Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan