Manfaat dan Kalori Buah Naga, Bisa Turunkan Kolesterol?

Kamu pastinya sudah familiar dengan buah naga dong? Itu loh, buah berkulit merah atau kuning bersisik dengan daging berwarna merah keunguan atau putih. Buah ini biasanya berukuran besar dan memiliki tekstur daging yang lembut. Meski ukurannya besar, kalori buah naga justru terhitung kecil.

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Untuk mengonsumsinya, buah naga harus dibelah hingga daging buahnya terlihat. Tekstur buahnya sering disamakan dengan buah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah. Daging buahnya terasa agak manis ketika dimakan dan kandungan kalori buah naga cenderung rendah, yakni hanya sekitar 60 kkal per 100 gramnya. Selain dagingnya dimakan langsung, buah naga juga dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan minuman seperti: jus buah naga dan salad buah.

Sama seperti buah lainnya, buah naga mengandung gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tahukah kamu, bahwa mengonsumsi buah naga bisa mengurangi kadar kolesterol? Hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi. Dan tak hanya itu, buah naga juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Melansir dari merdeka.com, berikut sembilan manfaat bagi kesehatan yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi buah naga:

 

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan yaitu membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah naga dapat mengurang kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

Penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa konsumsi buah naga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, buah naga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga hati dalam kondisi baik.

Baca Juga: Buah Naga: Dari Asal Usul Buah Naga, Jenis, hingga Kandungan Nutrisi yang Perlu Kamu Tahu

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi. Tingginya vitamin C dalam buah naga dapat memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh serta merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Selain itu, kandungan vitamin C, mineral dan fitoalbumin yang tinggi pada buah naga dapat memerangi radikal bebas. Lalu, kandungan vitamin B1, B2, B3, fosfor, kalsium, zat besi, protein, dan niasin pada buah ini juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebaiknya mengonsumsi buah ini ini secara rutin. Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi tubuh. Apabila kolesterol tinggi dibiarkan, maka dapat mendatangkan penyakit-penyakit serius seperti stroke atau jantung koroner.

  • Meredakan Batuk

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga dapat membantu meredakan penyakit batuk. Apabila kamu mengalami batuk, cobalah untuk mengonsumsi buah ini, terlebih bagi kamu yang memiliki penyakit batuk dalam waktu lama.

  • Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah naga cocok untuk kamu yang sedang mencoba diet. Hal ini dikarenakan buah naga kaya akan serat, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama dibanding dengan mengonsumsi buah lainnya. Selain itu, kandungan kalori buah naga juga rendah. Dengan rutin mengonsumsi buah tersebut, program penurunan berat badanmu akan terbantu.

  • Mencegah Diabetes

Buah naga kaya akan serat. Rasa manis pada buah naga pun bukan berasal dari glukosa sehingga aman untuk penderita diabetes. Tingginya jumlah serat dalam buah naga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah seseorang. Tak hanya itu, buah naga juga dapat membantu untuk menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan dengan indeks gilkemik yang tinggi.

  • Mencegah Penuaan Dini

Buah naga mengandung antioksidan. Antioksidan berperan penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Antioksidan juga dapat melawan radikal bebas di tubuh yang dapat menyebabkan masalah seperti kanker. Kemudian, buah naga juga mengandung fosfor. Kandungan ini sangat dibutuhkan sel-sel dalam tubuh untuk mencegah penuaan dini.

  • Mencegah Kanker

Buah naga mengandung karoten yang terkait dengan beberapa anti karsinogen termasuk dalam mengurangi jumlah tumor. Selain itu, likopen yang bertanggung jawab untuk warna merah dalam buah naga telah terbukti terkait dengan menurunkan risiko kanker prostat.

Tak hanya dagingnya, kulit buah naga juga mengandung nutrisi yang baik loh. Kulit buah ini mengandung polifenol. Ada kemungkinan beberapa polifenol dalam kulit buah naga ini bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen, dan mengubah perilaku hormon lain kepada situs reseptor dalam sel.

  • Mencegah Osteoporosis

Buah naga mengandung kalsium organik yang sangat baik untuk tulang. Mengonsumsi buah naga dapat mencegah penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa disebut osteoporosis. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan setelah kita mengonsumsi buah ini dalam jangka panjang.

*****

Itu dia manfaat dan info seputar kalori buah naga. Ternyata buah naga memiliki nutrisi yang sangat kaya ya! Nutrisi tersebut juga bisa terbukti menyembuhkan berbagai macam penyakit jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, kalori buah naga juga rendah sehingga cocok buat kamu yang lagi diet. Oleh sebab itu, ayo mulai konsumsi secara rutin buah naga agar tubuh kita tetap sehat.

Bicara soal buah naga, kamu bisa belanja buah naga lebih murah loh kalau pakai Titipku. Kok bisa? Karena di Titipku ada promo Diskon 30% (Maksimal diskon Rp30.000) mulai 24 Maret 2021 hingga 28 Maret 2021. Untuk mendapatkan diskonnya, kamu hanya perlu memasukkan kode promo “ASIK30” di kolom promo yang tersedia di laman metode pembayaran.

Yuk download aplikasi Titipku dan belanja buah naga di Titipku saja!

Tinggalkan Balasan