Tak Kalah Dari Salad: Manfaat Lalapan Ala Kuliner Sunda

lalapan, timun, mentimun, tomat, terung, terong, kubis, kol, kobis
lalapan, timun, mentimun, tomat, terung, terong, kubis, kol, kobis
Sumber: https://www.sehatq.com/artikel/jenis-sayur-lalapan-dan-manfaatnya

Ketika bicara soal menu makanan sehat, maka salad muncul sebagai opsi unggulan. Makanan berbahan dasar sayur mayur segar yang dilumuri aneka jenis dressing ini memang menjadi idola. Selain rasanya yang segar dan lezat, cara membuatnya pun tak begitu sulit.

Tapi tahukah Anda Moms, bahwa Indonesia juga punya makanan sehat juga yang jauh lebih murah dari salad? Makanan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Sunda.

Ya! Makanan itu adalah lalapan. Menurut Detik, ada lima jenis lalapan yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

 

  1. Kubis

Kubis atau kol biasa dikonsumsi sebagai lalapan. Biasanya, lalapan ini dihidangkan dengan nasi hangat dan ayam goreng.

Selain membuat paduan hidangan semakin lezat, kol juga dapat menurunkan kolesterol tinggi dari lauk yang digoreng.

Di dalam kol mengandung zat bernama phytosterol yang dapat mengurangi kolesterol LDL dengan cara menghalangi penyerapannya di saluran pencernaan.

Kol bisa untuk diet selama dikonsumsi dalam kondisi segar. Jangan makan kubis goreng ya karena hanya akan memperparah kandungan kolesterol.

  1. Mentimun

Hampir setiap makanan yang diolah dengan cara digoreng, pasti menyediakan lalapan mentimun. Biasanya mentimun diiris menyerong atau dipotong agak memanjang. Untuk menikmatinya, tinggal dicocol dengan sambal terasi atau jenis sambal lainnya sesuai selera.

Mentimun memiliki kandungan phytosterols yang memang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Kalau sedang merasakan efek dari kolesterol tinggi, maka konsumsilah timun dalam porsi yang banyak.

  1. Kemangi

Kemangi adalah salah satu jenis lalapan yang memiliki aroma yang khas. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, kemangi juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kemangi bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga baik dikonsumsi saat Anda ingin menjalani hidup sehat.

  1. Terong bulat

Terong bulat atau biasa juga disebut terong lalapan sangat enak dikonsumsi mentah, karena rasanya segar dan bertekstur renyah.

Terong bulat disebutkan memiliki beragam manfaat untuk tubuh, termasuk menurunkan kolesterol jahat. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang menemukan kalau binatang yang mengonsumsi terong mentah dan panggang selama 30 hari kesehatan jantungnya meningkat dan kadar kolesterol serta trigliseridanya menurun.

  1. Tomat

Selain menjadi salah satu campuran bahan untuk membuat sambal, tomat juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan. Sering juga tomat dikonsumsi mentah sebagai pendamping nasi goreng.

Tomat mengandung zat likopen berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Anda bisa mengonsumsi tomat dalam keadaan mentah ataupun diolah menjadi jus. Selama kondisinya masih segar, kandungan gizi tomat akan terjaga.

*****

Kelima lalapan di atas sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. Jika Anda ingin belanja lalapan ini tanpa harus mengganggu waktu me time Anda, Anda bisa titip belanja ke Titipku. TInggal pesan saja dari pasar terdekat di aplikasi, sudah itu Anda bisa melanjutkan me time sembari menunggu belanjaan diantar kurir Titipku yang bernama Jatiper.

Mau? Download Titipku di Google Play Store dan Apple App Store.

Tinggalkan Balasan