Ini Manfaat Menjemur Bantal dan Kasur Bagi Kesehatan

Kenyamanan dalam tidur menjadi hal yang diinginkan setiap orang. Kenyamanan dapat diciptakan mulai dari hal-hal kecil yang terkadang terdengar sepele. Seperti  menjemur kasur.  Pernahkah kamu melakukannya?  Faktanya, saat ini tak banyak orang yang menjemur bantal dan kasur di bawah sinar matahari langsung secara rutin. Padahal menjemur kasur memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan.

Aktivitas ini sudah menjadi  kebiasaan  masyarakat desa sejak jaman dulu. Konon, masyarakat meyakini bakteri, kutu, tungau dan debu-debu yang menempel pada bantal dan kasur bisa hilang ketika dijemur. Biasanya di sela-sela menjemur, orang-orang akan memukuli bantal dan kasur secara berkala. Itulah yang menurutnya efektif untuk mengusir kutu yang menempel pada kasur. Berikut manfaat menjemur bantal dan kasur bagi kesehatan yang perlu kamu tahu.

Membunuh Bakteri Penyebab Gatal

Bantal dan kasur merupakan benda yang selama ini berada di kamar dan cenderung memiliki udara yang  lembab. Menurut para ahli, tempat lembab merupakan tempat favorit berkembang biaknya mikroorganisme. Bakteri merupakan salah satu jenis mikroorganisme yang seringkali menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Mikroorganisme dapat mati ketika berada di tempat dengan suhu di atas 50 derajat celcius. Artinya, panas matahari cukup bagus untuk membantu membunuh mikroorganisme yang menempel pada bantal dan kasur. 

Mengusir Kutu dan Tungau

Tak jarang serangga berukuran kecil seperti kutu dan tungau juga menghuni bantal dan kasur yang berada di tempat yang lembab. Biasanya serangga kecil ini menyelinap di sela-sela sarung bantal dan bersembunyi di bagian bawah bantal. Jika tidak hati-hati gigitan tungau bisa mengakibatkan gatal-gatal, ruam, bahkan iritasi pada kulit. Hewan kecil ini memiliki tubuh kecil. Dengan menjemur dan melakukan pukulan-pukulan kecil pada kasur dan bantal bisa membantu mengusir kutu dan tungau.

Baca Juga: Dekorasi Kamar Tidur Unik dan Anti Mainstream, Patut Dicoba!

Mengurangi Risiko Asma

Asma merupakan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan. Debu menjadi salah satu penyebab gangguan pada saluran pernafasan. Selain debu yang masuk lewat jendela dan ventilasi, ada juga debu yang berasal dari hewan yaitu tungau debu. Menurut hasil penelitian, tungau debu menjadi organisme yang menjadi penyebab 80 persen kasus asma. Tungau jenis ini menyukai tempat-tempat yang hangat dan lembab seperti bantal dan kasur yang digunakan setiap hari. Risiko asma ini dapat berkurang jika kamu rutin mengeluarkan bantal dan kasur untuk dibersihkan dan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

 

Selain rajin-rajin menjemur dan membersihkan bantal dan kasur, kamu juga perlu rutin mengganti sarung bantal atau sprei. Saat ini banyak sekali produk sarung bantal dengan berbagai ukuran yang bisa kamu dapatkan di swalayan atau pasar-pasar terdekat kamu. Kamu juga bisa membeli tanpa harus pergi ke pasar caranya cukup dengan aplikasi Titipku. Nitipers akan mendapatkan promo menarik khusus bulan Februari mulai dari promo ongkos kirim hingga diskon, seperti diskon cokelat di Diamond Supermarket. Download aplikasinya sekarang! 

Tinggalkan Balasan