Tips Merawat Peralatan Masak #2: Blender dan Food Processor

blender, food processor, blender dan food processor, merawat blender dan food processor, membersihkan blender dan food processor, merawat blender, membersihkan blender, merawat food processor, membersihkan food processor

blender, food processor, blender dan food processor, merawat blender dan food processor, membersihkan blender dan food processor, merawat blender, membersihkan blender, merawat food processor, membersihkan food processor

Pada artikel pertama, kita sudah membahas cara perawatan oven dan airfryer. Di artikel kedua ini MinTip juga akan membagikan tips merawat peralatan masak elektronik lainnya, yaitu blender dan food processor. Kedua alat ini mirip, sebab menggunakan tenaga untuk memutar pisau yang akan melumatkan atau menghaluskan bahan makanan. Motor mesin pemutar inilah yang kadang overheat saat melumatkan bahan makanan tertentu, dan hal ini berisiko membuat blender dan food processor cepat rusak.

Melansir dari BukaReview dan Popmama, berikut cara merawat dan membersihkan blender dan food processor.

 

Cara Membersihkan dan Merawat Food Processor
  • Jangan memproses makanan terlalu banyak: Masukkan bahan yang akan diolah secukupnya untuk menghindari pisau pelumat bekerja terlalu keras. Gunakan sesuai saran yang tersedia di manual book.
  • Jangan memproses kacang-kacangan dalam kondisi panas: Suhu panas bisa mengakibatkan bilah pisau cepat tumpul dan wadah lebih mudah rusak. Selain itu, kacang juga akan lebih lengket sehingga akan lebih sulit dikeluarkan dari wadah.
  • Gunakan bilah pisau yang tepat: Baca manual book dan kenali masing-masing bilah pisau yang diberikan dalam paket. Jika salah menggunakan, makanan yang diproses akan tidak maksimal dan food processor berpotensi tidak awet.
  • Cuci komponen pisau dengan cara direndam: Lepas komponen-komponen usai digunakan, lalu rendam dengan campuran sabun cuci dan air hangat.
  • Bersishkan sisa kotoran di sela komponen: Gunakan sikat kecil untuk membersihkan celah-celah yang sulit dijangkau, seperti bagian dalam pisau, pegangan, atau sudut di tiap bagiannya. Perhatikan juga kotoran di celah-celah pegangan mesin.
Cara Membersihkan dan Merawat Blender
  • Takar bahan yang dilumatkan dengan benar: Takar bahan makanan yang hendak diblender secara tepat. Sebaiknya, blender bahan makanan sedikit demi sedikit. Pada dasarnya, sistem blender dan food processor sama saja, jika terlalu banyak memasukkan bahan makanan untuk diproses, akan membuat mesin panas dan tidak awet.
  • Gunakan kecepatan paling rendah: Gunakan kecepatan putaran mulai dari yang paling rendah lalu bertahap tingkatkan kecepatannya. Durasi mem-blender juga jangan lama-lama Hal ini dilakukan agar kondisi mesin tetap prima dan tidak mudah rusak.
  • Bersihkan secara teratur: Segera cuci blender setelah digunakan agar tidak menimbulkan bau tak sedap dari sisa makanan yang tertinggal. Khusus untuk mesin blender, cukup dilap seluruh bagiannya dengan kain.
  • Keringkan dan simpan di tempat sejuk:Usai dibersihkan, keringkan blender lalu simpan di tempat sejuk seperti lemari dapur. Pastikan tempat penyimpanan tidak mudah terkena cairan agar pisaunya tidak mudah berkarat.
  • Jauhkan dari anak-anak: Mengingat harga perangkat dapur yang satu ini cukup mahal, maka pastikan untuk menjauhkannya dari anak-anak. Ingat, blender punya pisau tajam yang bisa mencelakai anak.

GIVEAWAY TITIPKU

oven, airfryer, air fryer, cleaning oven, cleaning air fryer, cleaning airfryer, membersihkan oven, membersihkan air fryer, membersihkan airfryer, membersihkan oven dan air fryer, membersihkan oven dan airfryer, oven dan air fryer, oven dan airfryer, blender, food processor, blender dan food processor, merawat blender dan food processor, membersihkan blender dan food processor, merawat blender, membersihkan blender, merawat food processor, membersihkan food processor

Nah bagi Anda pelanggan setia Titipku, bisa banget nih ikut undian berhadiah berbagai alat masak menarik. Hadiahnya keren-keren loh. Mulai dari airfryer hingga oven listrik. Caranya ikutan gampang banget. Anda tinggal belanja saja di Titipku. Setiap pembelanjaan minimal Rp100.000,- di Titipku, Anda akan mendapatkan satu kupon undian giveaway. Jumlah kupon akan muncul di aplikasi. Periode promo adalah 15-31 Desember 2021 dan pemenang akan diumumkan 3 Januari 2022. Pastikan Anda berpartisipasi ya Moms! Jika Anda belum menggunakan Titipku dan ingin ikut program giveaway ini, Anda bisa mendownload aplikasi Titipku di sini!

Tinggalkan Balasan