Perbanyak ASI dengan Konsumsi Ragam Makanan Ini

air susu ibu, asi, breastfeeding, perbanyak ASI, tips ASI biar banyak, merangsang produksi asi, cara supaya asi banyak, tips parenting, info parenting

air susu ibu, asi, breastfeeding, perbanyak ASI, tips ASI biar banyak, merangsang produksi asi, cara supaya asi banyak, tips parenting, info parenting

Seorang bayi membutuhkan nutrisi dari air susu ibu (ASI). Dengan demikian, selama fase menyusui seorang ibu harus bisa memberikan ASI yang cukup untuk bayi. Jangan sampai, ASI yang diberikan sedikit sehingga bayi kekurangan asupan. Jika terjadi demikian, Ibu harus menjalani beberapa cara yang bisa membantu perbanyak ASI.

Salah satu cara untuk perbanyak ASI adalah dengan memakan beberapa jenis makanan yang disebut makanan laktogenik atau ASI booster. Makanan laktogenik adalah jenis-jenis makanan yang mengandung galaktagog atau senyawa tanaman yang dapat merangsang dan perbanyak ASI pada ibu menyusui.

Melansir dari Alodokter, berikut lima jenis makanan laktogenik yang bisa Moms konsumsi untuk perbanyak ASI.

Baca Juga: Cara Jitu Simpan MPASI dalam Kondisi Beku

 

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah sumber galaktagog yang baik. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale, daun katuk, sayur alfalfa, dan daun jinten atau daun bangun-bangun adalah jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk perbanyak ASI. Moms dianjurkan untuk makan 1-2 porsi sayuran berdaun hijau setiap hari.

Selain galaktagog, sayuran hijau juga mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen. Senyawa ini juga baik untuk mendukung produksi ASI.

  1. Gandum Utuh dan Oat

Gandum utuh dan oat memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain bisa membuat Moms kenyang lebih lama, juga dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI.

Selain serat, oat juga kaya zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Anemia ini juga bisa menjadi penyebab turunnya produksi ASI pada ibu baru. Selain bubur oat, Moms juga bisa mencoba makanan lain berbahan dasar gandum, misalnya kue kering dan roti gandum.

  1. Bawang Putih

Bawang putih diyakini bisa membantu perbanyak ASI para ibu menyusui. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi akan menyusu lebih lama jika ibunya mengonsumsi bawang putih. Menurut penelitian tersebut, bawang putih, bawang merah, maupun bawang bombay dapat membuat rasa ASI lebih enak, sehingga bayi akan menyusu lebih banyak. Semakin sering dan semakin lama bayi menyusu, produksi ASI juga akan makin meningkat.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang seperti kacang merah, kacang almond, dan kacang kenari merupakan makanan yang dapat perbanyak ASI pada ibu menyusui. Selain mengandung serat, kacang-kacangan juga mengandung protein, kalsium, dan zat besi yang dapat menambah produksi ASI. Namun, jangan keseringan konsumsi kacanya nanti wajah Moms jerawatan. Konsumsi seperlunya saja.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian yang berkhasiat untuk perbanyak ASI antara lain: wijen, biji chia, dan biji rami. Biji-bijian ini mengandung senyawa fitoestrogen yang baik untuk meningkatkan produksi ASI.

  1. Ikan dan Telur

Selama masa menyusui, Moms perlu mencukupi asupan protein dan energi. Kedua asupan tersebut bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan tinggi protein seperti ikan dan telur yang dimasak matang. Secara umum, porsi konsumsi ikan yang dianjurkan adalah sebanyak sekitar 3 sajian per minggu.

Baca Juga: Simak Fakta Sebelum Memberi Susu Soya untuk Bayi

 

*****

Itulah sejumlah makanan laktogenik yang dapat perbanyak ASI pada ibu menyusui. Semua makanan di atas bisa dibeli lewat aplikasi Titipku loh! Dengan belanja lewat Titipku, Moms bisa fokus mengurus anak, sementara belanjaannya sudah diurus oleh Jatiper Titipku yang super kece.

Titipku menyediakan layanan baik di pasar maupun supermarket. Moms tinggal pilih saja mau belanja di mana, Titipku yang membelanjakan.

Download Titipku sekarang di Google Playstore atau Apple Appstore!

Tinggalkan Balasan