Cara Tepat Mempercepat Tidur Bagi Pengidap Insomnia

tidur, sulit tidur, insomnia, mengatasi insomnia, buat kamar nyaman, kamar, kamar tidur, pola hidup sehat, hidup sehat, sehat

tidur, sulit tidur, insomnia, mengatasi insomnia, buat kamar nyaman, kamar, kamar tidur, pola hidup sehat, hidup sehat, sehat

Insomnia atau kondisi sulit tidur memang cukup merepotkan. Terlebih jika sudah ada acara di hari berikutnya dari pagi. Tapi, kondisi ini bukanlah kondisi langka. Banyak di antara kita yang mengalami insomnia karena kebanyakan kafein hingga stress secara mental. Jika sudah banyak yang mengalami, maka sudah banyak tips yang bisa dibagikan untuk meredakan insomnia.

Melansir dari Halodoc, simak tips-tips untuk mempercepat tidur bagi pengidap insomnia berikut ini.

 

Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup tidak sehat bisa menjadi salah satu penyebab insomnia. Karena itu, salah satu cara mengatasi kondisi ini adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Agar terhindar dari insomnia, biasanya untuk mengatur pola makan, mengurangi stres, serta rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Mengatur pola makan artinya Anda betul-betul memilih jenis dan bahan makanan yang dikonsumsi. Pola makan sehat identik dengan sayur dan buah segar. Bicara soal sayur dan buah segar, bisa Anda dapatkan di pasar dengan harga yang hemat. Kalau malas belanja ke pasar, titipkan saja ke Titipku. Ada Jatiper yang siap memproses pesanan Anda. Klik di sini untuk mendownload Titipku. Kebetulan lagi ada tebus murah untuk bahan-bahan salad loh di Titipku. Cek di aplikasi sekarang!

Hindari Makan Menjelang TidurĀ 

Makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh, terutama yang dikonsumsi pada malam hari. Untuk mencegah insomnia, sangat disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dan karbohidrat menjelang tidur. Sebab, kedua jenis asupan tersebut bisa memperberat kerja sistem pencernaan sehingga membuat tubuh sulit beristirahat. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Latihan Relaksasi

Anda juga bisa latihan relaksasi agar tubuh lebih tenang dan nyaman, sehingga mudah terlelap. Anda juga bisa mencoba melakukan beberapa aktivitas menyenangkan, seperti mendengarkan musik dan membaca buku. Pengalaman menyenangkan akan membuat badan rileks dan ini membantu kita tidur.

Berpikir Positif

Stress dan merasa cemas secara berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab insomnia. Karena itu, cara supaya cepat tidur lainnya adalah dengan selalu berpikir positif. Selain meditasi, menghindari memikirkan hal yang tidak penting sebelum tidur juga bisa dilakukan agar tubuh dan pikiran lebih tenang.

Buat Kamar Nyaman

Membangun suasana yang nyaman di kamar tidur bisa membantu tubuh lebih cepat beristirahat. Mengatur suhu ruangan yang sesuai dengan selera kita dan mengatur pencahayaan adalah dua dari sekitan cara yang bisa dilakukan. Selain itu, mengatur posisi tidur dan posisi bantal juga penting agar tidur makin berkualitas.

Tinggalkan Balasan