Persiapkan Hal Ini Sebelum Memasuki Bulan Ramadan

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Ramadan. Sudah menjadi kewajiban bagi teman-teman Muslim untuk berpuasa di bulan yang penuh berkat tersebut. Berpuasa tidak hanya sekadar menahan haus dan lapar saja, tetapi juga untuk menahan hawa nafsu lainnya. 

Tidak menerima asupan makanan selama lebih dari 12 jam, tubuh kita akan kekurangan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Sebelum melakukan puasa selama satu bulan penuh, ada baiknya untuk mempersiapkan diri menjelang bulan Ramadan. 

 

Membiasakan Diri untuk Berpuasa

Memasuki bulan puasa yang sebentar lagi tiba, ada baiknya kita membiasakan diri untuk berpuasa terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak kaget ketika melakukan puasa satu bulan penuh. Selain itu, tubuh juga akan terbiasa untuk menyimpan dan menggunakan energi seminimal mungkin dengan asupan makanan yang ada. 

Dengan membiasakan diri berpuasa sebelum memasuki bulan Ramadan, kita mempersiapkan tubuh untuk berada dalam kondisi yang memungkinkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Dengan begitu, resiko untuk jatuh sakit selama berpuasa pun akan jauh berkurang. 

Baca Juga: 3 Tips Menjaga Napas dan Mulut Tetap Segar Selama Puasa

 

Pilih Menu Makanan yang Bergizi

Selama bulan puasa, tubuh tidak boleh sembarangan diberikan makanan atau minuman. Salah makan atau minum saja bisa berdampak bagi kesehatan. Maka, kamu pun juga harus membiasakan diri untuk makan dan minum yang sehat yang biasa dikonsumsi saat berpuasa. 

Hindari makanan cepat saji (fast food) selama mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan Ramadan ataupun saat memasukinya. Makanlah secara teratur agar tubuh terbiasa untuk memproses makanan yang masuk pada waktu yang teratur juga. Selain itu, makan dengan teratur juga bisa mengurangi frekuensi untuk makan cemilan. 

Baca Juga: Hati-hati Minum Kopi Saat Puasa!

 

Kunjungi Dokter

Jika kamu memiliki sakit yang cukup parah, atau kondisi tubuh yang sering sakit. Ada baiknya segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi sampai sejauh mana tubuh mampu berpuasa. Hal ini dilakukan untuk mencegah tubuh menjadi semakin lemah dan jatuh sakit selama bulan Ramadan. 

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengonsumsi Lemon Saat Puasa

 

Perbaiki Pola Tidur

Bagi kamu yang biasa tidur larut dan begadang akibat pekerjaan atau belajar, mulai perbaiki pola dan jam tidur dari sekarang. Tidur terlalu larut akan membuat badan menjadi letih saat bangun untuk sahur, atau malah tidak dapat bangun dan melewatkan sahur. Memperbaiki pola tidur artinya juga mempersiapkan tubuh untuk lebih sehat dan siap menghadapi bulan puasa yang akan tiba sebentar lagi. 

 

 

Mencari makanan yang sehat untuk mempersiapkan diri sebelum bulan puasa, sebaiknya cari lewat Aplikasi Titipku saja. Belanja mudah dan murah #DariRumah menjadi mungkin bersama Titipku. Ada promo menarik sepanjang April yang bisa buat belanjaanmu makin murah! Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku.

Tinggalkan Balasan