Perut Kembung? Atasi dengan Konsumsi Ini

kembung, perut kembung, nanas, pisang, air kelapa, air, makanan, minuman

kembung, perut kembung, nanas, pisang, air kelapa, air, makanan, minuman

Pastinya sangat tidak nyaman ketika kita punya banyak kegiatan tapi perut kita begah atau kembung. Celana jadi sesak, posisi duduk jadi menyiksa, dan ujung-ujungnya, kita jadi ingin kentut terus. Wah pastinya memalukan banget ya Moms kalau sampai tidak sengaja kentut dan suaranya cukup keras sehingga didengar banyak orang. Belum lagi bau yang dihasilkan.

Nah, jika Moms mengalami kembung, Moms bisa meredakannya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Berikut daftar makanan atau minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat kembung, dilansir dari Detik.com:

  1. Nanas

Kadar garam berlebih yang masuk ke dalam perut memungkinkan terjadinya kembung. Dalam kasus seperti ini, ada baiknya mengonsumsi makanan yang tinggi potasium seperti nanas. Kandungan enzim bromelain di dalam nanas dapat membantu pencernaan protein. Bromelain dalam nanas juga dapat membantu pencernaan bekerja lebih mulus dan mencegah inflamasi yang dapat meredakan kondisi tersebut.

  1. Oatmeal

Serat terbagi menjadi 2 jenis, yaitu serat yang dapat larut dan yang tidak dapat larut. Serat larut dapat menjadi pertolongan pertama saat kembung. Serat larut ini salah satunya ditemukan dalam oatmeal instan. Anda bisa menikmati oatmeal dengan air maupun susu rendah laktosa dan beberapa tambahan seperti almond dan strawberry.

  1. Pisang

Pisang memiliki 2 nutrisi sekaligus yang bisa meredakan perut kembung. Pisang mengandung potasium dan serat larut yang bisa mengobati perut dengan cepat. Kandungan potasium yang di dalam pisang dapat membantu mengeluarkan sodium dalam tubuh dan menyingkirkan pembengkakkan yang diakibatkan dengan retensi cairan. Pisang juga menjadi buah yang praktis untuk diolah sehingga memudahkan saat menyiapkan sarapan.

Jika Anda butuh pisang, Anda bisa membelinya #DariRumah pakai Titipku. Klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

  1. Air

Air memiliki manfaat yang ajaib untuk meringankan perut kembung. Air dapat membantu mengeluarkan kandungan garam yang menumpuk sejak malam. Bahkan air juga dapat meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh sembelit. Air dapat melunakkan dan memantu kotoran agar lebih mudah keluar. Serat larut menyerap air, yang cenderung melembutkan kotoran dan mengeluarkannya dengan lebih mudah.

  1. Air Kelapa

Air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi. Bahkan satu cangkir air kelapa dapat memenuhi kebutuhan kalium tubuh sebesar 13%. Air kelapa dapat membantu meredakan kembung. Manfaat ini akan lebih efektif jika memadukan air kelapa dengan bahan makanan lain yang juga dapat meredakan perut yang sakit.

Tinggalkan Balasan