Puding Ketan Hitam, Cemilan Sehat Saat Puasa

puding ketan hitam, puding, pudding, pudding ketan hitam, ketan hitam

puding ketan hitam, puding, pudding, pudding ketan hitam, ketan hitam

Bagi sebagian orang, bulan puasa adalah bulan yang bukannya mengurangi berat badan, tapi justru malah menambah berat badan. Secara tidak sadar, selama bulan puasa banyak orang yang berbuka tanpa memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Di sisi lain, setelah berbuka, orang-orang cenderung untuk mengemil di malam hari karena mungkin masih merasa lapar. 

Untuk mengatasinya, Bunda harus memilih menu berbuka yang tepat agar tidak melebih jumlah konsumsi kalori harian. Selain itu, Bunda juga bisa membuat cemilan yang sehat namun tetap membuat kenyang. Misalnya, Bunda bisa membuat puding ketan hitam lho! Ketan hitam yang kaya akan serat dan karbohidrat akan buat merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Gimana sih cara bikinnya?

 

Bahan-Bahan Puding Ketan Hitam
  • 1 cup ketan hitam yang sudah direndam semalaman
  • ¼ cup gula coklat (gunakan gula pasir jika tidak ada)
  • ¼ sendok teh garam
  • 20 ons santan
  • 1 ½ cup air
  • 3 butir telur ayam
  • 2 sendok makan coconut cream atau whipped cream untuk hiasan

 

Langkah-langkah Membuat Puding Ketan Hitam
  1. Masukkan ketan hitam yang sudah dikeringkan ke dalam panci bersama gula coklat, garam, santan dan air. Sisakan sedikit santan untuk digunakan nanti.
  2. Didihkan sambil menutup setengah panci sampai agak cair dan ketannya cukup lembek. Jika kurang, Bunda bisa menambahkan 1 cup air lagi.
  3. Matikan kompor jika sudah cukup, lalu biarkan sampai agak dingin. Panaskan oven pada suhu 3500 F atau kurang lebih 1750 C.
  4. Masukkan sisa santan ke dalam panci dan juga telur ayam lalu aduk sampai rata. Cicipi rasanya, tambahkan gula jika diperlukan.
  5. Tuangkan adonan ke dalam beberapa cup untuk dimasukkan ke dalam oven. Sebelumnya, tutup dengan foil yang tipis.
  6. Masukkan ke dalam oven kurang lebih 30 menit. Bisa dinikmati selagi hangat atau dimasukkan ke kulkas agar dingin.
  7. Saat disajikan, Bunda bisa menambahkan coconut cream atau whipped cream di atasnya. 

Itu dia cara membuat cemilan sehat saat bulan puasa. Untuk mendapatkan bahan-bahannya dengan mudah, Bunda cukup membeli lewat Aplikasi Titipku. Jika Bunda juga sedang kebingungan mencari parsel lebaran, Titipku juga menyediakan parsel lho! Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku!

 

KLAIM HADIAH BUNDA BERIKUT INI

Hai Bund, terima kasih sudah menjadi pembaca setia Blog Titipku. Sebagai bentuk apresiasi, Titipku memberikan hadiah untuk Bunda berupa promo diskon belanja di aplikasi Titipku. Dengan belanja minimal Rp100.000, Bunda bisa mendapatkan potongan harga senilai Rp25.000. Gede banget kan Bund potongannya!

Nah, untuk menggunakan promo ini, ikuti langkah di bawah ini yuk.

1. Jika sudah mendownload aplikasi Titipku dan buat akun, klik pada bagian “Kupon Saya” yang berwarna krem.

2. Jika halaman kupon sudah terbuka, silakan masukkan kode promo “COBATITIP25”  di kolom pencarian, lalu klik enter/search.

3. Voucher diskon untuk pembaca setia blog akan muncul. Klik gunakan yang ada di sebelah kanan kupon.

4. Kupon sudah digunakan. Langkah selanjutnya adalah Bunda tinggal berbelanja #DariRumah pakai Titipku!

 

Jika Bunda mengalami kesulitan, Bunda bisa menghubungi customer service Titipku atau mengirim DM ke Instagram @titipkuofficial. Selamat berbelanja hemat Bund!

Tinggalkan Balasan